Opinion

Berkolaborasi dan Berkreasi di YouTube Space LA

Ngebahas tentang online video kayaknya ngga ada habisnya. Menurut statistik, tiap menit ada 100 jam video yang diupload di YouTube, dan tiap bulan ada 1 miliar unique visitor yang mengunjungi YouTube. Semua orang berlomba-lomba membuat dan menonton konten yang ada di platform video terbesar di dunia saat ini.

Di artikel sebelumnya, kami sempat cerita mengenai pengalaman mengikuti VidCon di Anaheim. Persis sebelum ke VidCon, kami sempat main-main ke YouTube Space Los Angeles, tepatnya di kompleks The Campus at Playa Vista, sekitar 15 menit dari Los Angeles International Airport (LAX).

Apa sih YouTube Space itu?

YouTube Space LA yang dibuka sejak November 2012 ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh YouTube kepada para kreator untuk memproduksi konten video, mulai dari brainstorming ide, syuting, sampe editing dan upload ke channel YouTube mereka masing-masing. Yang lebih serunya lagi, fasilitas ini semua diberikan gratis, khusus untuk partner dan kreator YouTube yang udah punya minimal 10 ribu subscriber.

Fasilitas yang berdiri di tanah seluas 4.000 meter persegi ini tadinya bekas pabrik helikopter lho! Di pintu depan ada sebuah helikopter yang dipajang dan ngga dibongkar biar kelihatan keren, which by the way, it looks very cool.

YT Space ini terdiri dari tiga area: pra-produksi, produksi, dan post-pro. Para kreator punya akses untuk menggunakan semua ruangan dan peralatan yang tersedia sesuai kebutuhan. Ada ruang meeting untuk ngebahas ide dan bikin skrip, ruang ganti dan make up untuk talent, studio yang berisi panggung untuk syuting konser, sampai studio green screen super gede! Peralatannya juga ngga main-main lho, berhubung mereka menyiapkan macam-macam mulai dari kamera, lighting, sound system, serta peralatan dan kebutuhan syuting lainnya.

Untuk kebutuhan post-pro, YT Space LA nyediain komputer versi mutakhir dengan berbagai software editing film untuk digunakan menyunting video dan finishing sebelum akhirnya di-upload. Kalau butuh live stream juga bisa lho! Mereka bahkan menyediakan teater untuk pemutaran video dengan kapasitas sekitar 50 penonton. Kece berat lah pokoknya.

Para kreator pun diberi kebebasan untuk berkreasi sekreatif mungkin. Bukan cuma studio aja yang boleh dipake, semua sudut ruangan di YT Space ini boleh dipake syuting, mulai dari lobi dan area resepsionis, coffee shop kecil di dekat lobi, sampai teras dan parkiran. Kebetulan pas kita sampe di sana, ada satu tim yang lagi syuting di area depan pintu masuk.

Learn, Network, Collaborate

YT Space LA ini dibangun bukan cuma buat syuting, tapi tempat ini sering banget dipake untuk event kumpul komunitas, party, sampai workshop dan seminar. Tujuannya tentu supaya semua kreator dan fans bisa networking, ngumpul bareng, belajar, dan kolaborasi bikin sesuatu yang seru.

Buat para kreator dan fans YouTube, tempat ini mah surga banget lah! Banyak banget partner dan kreator YouTube kondang yang bikin video dan nongkrong di sini. Mulai dari Kurt Schneider, Jenna Marble, Sam Tsui, sampe seleb kondang macem Ellie Goulding, Robin Thicke, dan One Direction!

Sampai saat ini, di seluruh dunia cuma ada empat fasilitas semacam ini. Selain di LA, YT Space juga ada di Tokyo, London, dan New York. Bakal seru banget kalo ada yang kayak gini di Indo ya, gimana menurut kalian?