Featured

Mengapresiasi Komik Lokal Lewat Kosasih Award

Di artikel sebelumnya, udah kita bahas hal-hal menarik seputar Komik Indonesia. Dan seperti yang udah kita tau juga, kalo industri komik tanah air lagi mencoba berlari lebih kencang. Makin banyak aktivitas dari para penggiat komik tanah air. Berbagai macam workshop dan kompetisi digelar. Tak lupa website-website yang menjadi “rumah” untuk para komikus Indonesia bermunculan. Semunya untuk mendorong berkembangnya industri komik Indonesia. Tapi rupa-rupanya semua usaha itu dirasa belum cukup dijadikan sebagai motor pengerak industri komik di negeri ini.

Tahun 2007, lahir Kosasih Award yang digagas oleh para penggiat komik sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan komik Indonesia. Kosasih Award merupakan bentuk apresiasi pada karya-karya Komik Indonesia yang bertujuan untuk memacu semangat para pelaku industri komik terus berkarya.

Baca juga: Ilustrasi Google Doodle 17 Agustus Karya Anak Bangsa

RA Kosasih, Bapak Komik Indonesia (image: Mangku Suro, asiaone.com)

Pemberian nama tersebut terinspirasi dari Bapak RA Kosasih, Bapak Komik Indonesia yang juga merupakan bentuk apresiasi kepada sang legenda karena dipandang berjasa besar untuk kemajuan komik Indonesia dalam kurun waktu 85 tahun terakhir. Kayak yang sudah kita tau kalo kemunculan tokoh Super Hero Asli Indonesia tahun 1950-an yang berbentuk komik strip-lah menjadi cikal bakal kemunculan komik di Indonesia. Kala itu, Bapak RA Kosasih menuangkan imajinasi superheronya yang bernama “Sri Asih”. Sejak saat itu industri komik di Indonesia berkembang.

Sudah tujuh tahun belalu, industri komik tanah air tentunya punya banyak perubahan dan perkembangan. Nggak hanya komikus yang makin banyak bermunculan dengan karya-karya kreatifnya dan ide-ide untuk mengangkat industri ini, tapi juga makin luasnya kiprah karir para seniman komik. Para komikus Indonesia mulai merambah ke manca negara, memperkenalkan hasil karya mereka pada ajang-ajang bergengsi dan mendapatkan apresiasi dari sana. Kolaborasi antara komikus lokal dengan komikus internasional pun menjadi satu titik temu untuk komikus kita memperluas wawasan dan belajar lebih banyak lagi.

Baca juga: #ziliun17: Top Ilustrator Indonesia

Dunia teknologi pun menjadi saksi lahirnya beberapa “rumah” untuk menampikan karya-karya komikus kita. Beberapa website yang memuat tentang Komik Indonesia biasa diakses oleh siapa saja dari penjuru dunia. Kesemuanya itu bikin orang-orang untuk mulai memperhatikan kekayaan dan keragaman komik Indonesia.

Tahun 2014 ini, Kosasih Award kembali hadir melanjutkan misinya untuk memberikan apresiasi kepada para seniman komik serta karya-karya terbaik dari anak bangsa. Nggak kayak tahun pertama penyelenggaraan yang ngambil periode 10 tahunan (komik yang terbit dari 1997-2007), kali ini Kosasih Award bakal nyeleksi komik-komik yang terbit dalam kurun waktu 2 tahunan, dari April 2012 sampai Maret 2014. Rencana ke depan, Kosasih Award ini akan rutin diselenggarain tiap 2 tahun sekali.

Baca juga: Industri Ilustrasi dalam Negeri, Riwayatmu Kini

Kosasih Award sendiri akan digelar Sabtu, 20 September 2014 dalam serangkaian acara Popcon Asia 2014 di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta.

Kalo kamu ngaku orang Indonesia tulen, punya karya berupa komik. Ikutan deh dan berbangga jadi bagian dari sejarah perkembangan industri komik tanah air. Melipir ke halaman ini atau ini untuk tau syarat-syarat sekalian download formulir pendaftarannya. Good luck!


#popcon2014 adalah rangkaian artikel Ziliun mengenai industri kreatif Indonesia dalam rangka menyambut Popcon (Popular Culture Convention) Asia 2014. Festival komik, film, mainan, dan animasi terbesar di Asia ini akan diselenggarakan di Jakarta, 19-21 September 2014.