Insight

Kenapa Mesti Peduli Tentang Masa Depan?

Who controls the past controls the future. Who controls the present controls the past. – George Orwell

Iya, kenapa? Kenapa Ziliun mau repot-repot ngebahas masa depan?

Ada banyak jawaban buat pertanyaan fundamental ini, tergantung lo tipe orang yang mana.

1. Tipe penasaran

Pada dasarnya kalau lo orang dengan rasa ingin tahu yang besar, masa depan adalah suatu obyek yang sangat menarik untuk dipahami. Dengan connecting the dots antara masa lalu, masa kini, dan masa depan, banyak banget hal menarik yang bisa dieksplorasi.

2. Tipe mau jadi sesuatu

Ada juga yang harus paham tentang masa depan karena tuntutan profesi. Kalau lo scientist atau engineer atau entrepreneur atau politician (atau at least bercita-cita jadi salah satunya), penting banget belajar tentang masa depan. Tren berubah terus, gimana mau jadi orang penting kalau gak bisa keep up? Bahkan kalau usaha jualan martabak doang, mesti tahu the future of food industry kayak apa.

Image credit: independent.co.uk

3. Tipe penggemar sci-fi

Yang suka science fiction biasanya suka punya ekspektasi sendiri akan masa depan. Penting nih keep up sama prediksi, sambil ngebanding-bandingin, kira-kira yang ada di film sama komik ini bakal kejadian gak, ya?

4. Tipe normal human being

Kalau lo bukan penggemar sci-fi, bukan juga yang ambisius mau jadi sesuatu, dan bukan tipe yang selalu curious–dengan kata lain lo hanya normal human being–tetep berguna sih tahu kira-kira masa depan bakal kayak apa. Penelitian dan penemuan yang lagi dikerjain orang di NASA atau MIT bakal pengaruh ke hidup lo dalam 5 tahun ke depan. Gak mau kan sampe kalo tiba-tiba ada mobil terbang dan lo orang terakhir yang tahu?

Baca juga: Kalau Robot Bisa Semuanya, Manusia Kerja Apa?

Header image credit: intelligenceexplosion.com