Featured

Biar Ide Gak Ngambang, Coba Wujudkan Lewat Belajar Bikin Startup!

Pas zaman kita masih bocah, cita-cita seperti dokter, polisi, tentara, bahkan pilot jadi cita-cita yang bisa dibilang primadona, sampai ada sentilan begini, “kalo semuanya pengen jadi dokter, trus yang sakitnya siapa?” 

Tren cita-cita sepertinya diikuti juga dengan perkembangan zaman, waktu saya masih SD, rasanya saya hampir gak pernah denger kalo content creator dijadiin sebuah cita-cita, tapi sekarang justru keadaannya berbalik. 

Banyak profesi baru bermunculan, sebut saja content writer, social media specialist, digital marketer, dan masih banyak lagi. Udah gak asing lagi kalo anak kecil zaman sekarang kalo ditanya udah gede mau jadi apa, ada yang jawab: “mau jadi youtuber, ashiaaapppp” 

Profesi pengusaha juga jadi profesi yang diidam-idamkan oleh banyak bocah 90-an, karena melihat gambaran kehidupan pengusaha di televisi yang borjuis dan keren. Di zaman sekarang, profesi pengusaha bisa disandingkan dengan startup founder yang identik dengan seseorang yang visioner, cerdas, anak muda, dan kontributif. Apalagi setelah melihat kesuksesan dari banyak startup founder yang sukses, sebut saja Nadiem Makarim, pendiri Gojek yang sekarang juga punya jabatan sebagai menteri. 

Menjadi seorang pendiri sebuah startup ngasih banyak peluang yang keren buat ke depannya, karena startup yang berangkat dari isu atau permasalahan di masyarakat akan muncul sebagai problem solver untuk orang banyak. 

Saya yakin, pasti udah banyak ide yang numpuk di kepala kalian, kan? apalagi kalo udah ngeliat-liat kondisi sekitar, langsung deh muncul keinginan pengen ini pengen itu. 

Yang harus diinget, bikin startup itu gak melulu tentang ide atau sesuatu yang manis-manis doang. Layaknya Nadiem pas ngerintis Gojek banyak banget hambatan yang bisa jadi learnings  buat kita-kita.

Hambatan itu udah jadi semacam“pil pahit” yang pasti ditemuin kalo menjadi startup founder. Contohnya kayak: susah nemuin tim yang tepat, kebiasaan buat nunda-nunda sesuatu, kehilangan semangat, sampe terbuai dengan kepuasan pas lagi jaya-jayanya.

Baca juga: 5 Kenyataan Pahit Yang Harus Dihadapi Startup Founders

Nah, kalo gitu daripada tuh ide sama keinginan kelamaan dipendem, mending mulai ngelakuin sesuatu. Mulai Salah satunya dengan ikut kegiatan dari Startup Weekend Indonesia, di sana kalian bakal didorong buat ngembangin ide startup bareng para jagoan-jagoan yang emang udah berpengalaman di dunia startup.

Buat kamu entah itu dari latar belakang apa aja, bisa banget ikutan acaranya, itung-itung mulai nyicil impian jadi pendiri startup gitu. Jangan lupa cek informasi pendaftarannya hanya di sini. Semoga beruntung!

Artikel ini merupakan artikel partnership bersama Startup Weekend Indonesia

Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar