Featured

Ziliun Blog Competition: Imagine If Your Favourite Local Character Goes Global

“Face front, true believers!” – Stan Lee

Popcon Asia 2015. Festival komik, mainan, film, games, dan animasi terbesar se-Asia akan kembali digelar pada tanggal 7-9 Agustus 2015 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Popcon Asia ini akan mengangkat potensi lokal Indonesia atau Intellectual Property (IP).

Kalau ada yang belum tau apa itu IP bisa cek-cek ke sini ya!

Seperti yang kita tahu, IP di Indonesia masih didominasi oleh karya-karya dari luar negeri. Komik- dan film dari Marvel misalnya, masih jadi idola masyarakat kita. Padahal belakangan banyak IP lokal berpotensi mulai bermunculan, mulai dari komik, film, game, sampai komik yang dibikin film dan game!

Siapa nggak kenal Chris Lie? Nama Chris Lie nggak asing di kalangan penggemar komik di Amerika Serikat. Lebih dari 40 komik karyanya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, dan beredar di beberapa penerbit komik di Amerika Serikat. Bahkan, karyanya yang berjudul “Return to Labyrinth” habis terjual dalam waktu dua hari di San Diego Comic-Con tahun 2006.

Tahun 2013, komikus Indonesia, Ockto Baringbing dan Muhammad Fathanatul Haq, pertama kalinya meraih penghargaan Silver Award dalam International Manga Award ke-6 di Tokyo, Jepang, melalui karya ‘5 Menit Sebelum Tayang’. Mereka berdua berhasil menyisihkan 224 karya pesaing dari 38 negara di seluruh dunia.

Ngerasa bangga sama mereka?

Tahun 2015 ini Kosasih Award hadir kembali dengan misi memberikan apresiasi kepada para seniman komik, serta karya-karya terbaik anak bangsa. Tentunya, dengan adanya award semacam ini bakal memicu para kreator untuk berkarya lebih dan go global membawa nama bangsa.

Pengen nggak sih kalau yang go global itu nggak hanya Chris Lie dan juga ‘5 Menit Sebelum Tayang’-nya Octo Baringbing dan Muhammad Fathanatul Haq? Kebayang nggak kalo karakter favorit kamu bakal dikenal seantero dunia?

Ziliun memanggil kamu untuk menuliskan ekspresi kalo karakter lokal favoritmu go global! Kirim tulisan kamu, Imagine If Your Favourite Local Character Goes Global ke Ziliun”. Share to us, let us tell to the world!

5 orang dengan tulisan terbaik akan mendapatkan free 3-day pass Popcon Asia 2015, dan 3 orang dengan artikel liputan terbaik akan mendapatkan merchandise eksklusif dari Popcon Asia 2015 (termasuk salah satu edisi komik Civil Wars-nya Marvel)!

Jadi, ini langkah yang harus kamu ambil:

  • Tulis artikel sepanjang 400 – 600 kata dengan topik “Imagine If Your Favourite Local Character Goes Global”
  • Naskah adalah artikel opini yang menggambarkan ekspresi pribadi kamu. Jangan takut untuk berpendapat dan menuangkannya dalam tulisan yang me-#RombakPolaPikir kita!
  • Publish artikelnya di blog pribadi kamu dan isi lengkap form ini, selambat-lambatnya Rabu, 5 Agustus 2015
  • 5 tulisan terbaik akan dimuat di ziliun.com, menjadi finalis lomba, dan mendapatkan 3-day pass Popcon Asia 2015
  • Selama Popcon Asia berlangsung, 5 finalis harus melakukan liputan dan mengirimkan artikel liputan minimal 1 artikel setiap harinya ke halo@35.198.234.63
  • 3 orang dengan artikel liputan terbaik akan mendapatkan merchandise eksklusif dari Popcon Asia 2015 di akhir acara

Setelah mengirim artikel, jangan lupa untuk selalu mengecek email ya karena kami akan menghubungi kamu melalui email.

Spread the words!

Header image credit: nepascene.com