Story

eFishery, Startup “Ikan” yang Gak Sekadar Keren-Kerenan

“I’d build stuff that’s awesome and get people using it. Investors will come out of the woodwork when you do.” – David Cohen.

Perkembangan startup memang lagi menjamur layaknya tren kue cubit green tea di dunia kuliner. Tapi, gak banyak startup yang benar-benar punya impact dan bukan sekadar keren-kerenan. Salah satunya yang patut diacungi dua jempol adalah eFishery.

Alih-alih seperti startup lainnya, startup ini fokus kepada budidaya perairan yang masih belum disentuh banyak orang. Salah satu permasalahan budidaya perairan yang sering dihadapi peternak ikan adalah pemberian pakan. Peternak ikan seringkali menebar pakan ikan sesuai insting mereka (gak sesuai dosis kebutuhan pakan ikan) dan dalam jangka waktu yang tak menentu. Hasilnya? Produktivitas ikan akan terganggu dan merugikan peternak itu sendiri.

Baca juga: Bikin Startup Bukan Buat Di-Invest!

Image credit: dailysocial.net

Kejelian Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy melihat situasi tersebut membuatnya tergerak untuk membuat eFishery, alat pemberi pakan otomatis untuk ikan, sesuai dosis dan waktu yang tepat. eFishery sendiri bentuknya seperti mesin pemberi pakan yang memiliki sensor pembaca nafsu makan ikan yang juga terintegrasi ke perangkat (handphone atau tablet) si peternak ikan tersebut.

Gak sekadar itu aja, Gibran juga ingin memudahkan peternak ikan mengawasi pemberian pakan dengan sistem real-time monitoring yang bisa memantau kapan aja dan di mana aja. Setiap pemberian pakan yang dilakukan secara langsung akan tercatat dengan lengkap, dalam bentuk laporan secara berkala. Laporan tersebut kemudian bisa membantu peternak ikan untuk mengetahui kebutuhan dan biaya pakan sebenarnya.

Baca juga: Startup Butuh Mentor, Bukan Investor!

Selain solutif bagi permasalahan budidaya perairan, eFishery juga menjadikan peternak ikan (yang merupakan mata pencarian terbesar di Indonesia) lebih produktif dan mandiri secara teknologi. Kalau peternak ikan bisa dibantu untuk maju, maka harapan untuk memajukan Indonesia juga akan lebih besar, apalagi kalau lebih banyak startup yang gak melulu hanya mengakomodir kebutuhan masyarakat kota besar juga akan lebih besar.

Maka udah ga diragukan lagi, startup lokal yang baru didirikan November 2013 lalu ini sering mendapat apresiasi dari ajang pencarian startup eksklusif seperti, Seedstars World Jakarta dan Get In The Ring Indonesia. Udah jelas kan sekarang, kalau startup yang keren adalah yang menyelesaikan masalah?

Buat yang mau ketemu Gibran Chuzaefah, CEO dari eFishery.com, ayo ikut The Backstage tanggal 6 Mei di Universitas Telkom. Daftar di sini, ya!

Baca juga: Kalau Makan Aja Impor, Mau Jadi Apa?