Featured

Anggia Kharisma dan Pentingnya Berkolaborasi Dalam Industri Kreatif

Kamis (30/07) lalu, Popcon Asia 2015 menggelar konferensi pers dengan mengundang para pelaku industri kreatif, yang salah satunya adalah orang-orang di balik film Filosofi Kopi. Anggia Kharisma, produser film Filosofi Kopi menceritakan bahwa film industri kreatif tidak terlepas dari proses “kolaborasi”.

Film Filosofi Kopi sendiri merupakan hasil kolaborasi–dari cerita pendek yang berada di dalam novel Dee Lestari sampai akhirnya menjadi sebuah film box office Indonesia.

“Kolaborasi itu penting banget dalam industri kreatif. Karena setiap karya itu biasanya selalu punya turunan yang panjang. Aku ingin film Filosofi Kopi seperti Star Wars yang bisa dinikmati nggak cuma sebagai film, tapi berkembang menjadi action figure, komik, cosplay, dan lain sebagainya.” cerita Anggi.

Baca juga: Bikin Film Harus Berani Kayak Filosofi Kopi

Image credit: dok. Ziliun

Sekarang Filosofi Kopi sudah membuka kedai kopi dengan nama yang sama dan berencana akan membuka cabang. Tidak hanya itu, Filosofi Kopi juga membuat game sederhana yang menampilkan karakter Ben dalam misi mencari biji kopi. Bahkan, karakter Ben juga bisa dikembangkan menjadi IP (kekakyaan intelektual) sendiri seperti Harry Potter ke depannya. Semua itu terwujud karena adanya proses kolaborasi. Dari kolaborasi inilah, industri kreatif bisa berkembang cepat.

Seperti kata sebuah peribahasa Afrika: If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.

Menurut Anggi, proses kolaborasi bisa dilakukan dari background berbagai orang dalam tim yang berbeda. Selaku produser film Filosofi Kopi saja, Anggi sendiri memiliki background dokter gigi. Jadi, tidak hanya orang yang datang dari dunia perfilman saja yang mampu membuat film. Anggi yakin kalau anak muda Indonesia itu sebenarnya punya banyak ide gila sekaligus brilian untuk menunjukkan karyanya dan berkolaborasi, tetapi wadah yang tepat saja yang benar-benar dibutuhkan.

“Aku ngerasa telat banget tahu Popcon Asia. Karena menurutku Popcon Asia inilah tempat yang cocok banget buat pelaku industri kreatif untuk unjuk karya dan kolaborasi,” Anggi juga mengatakan bahwa dia dan tim Filosofi Kopi akan memberi kejutan di Popcon Asia nanti.

Kira-kira ada kejutan apalagi yah dari Filosofi Kopi? Jangan-jangan mau dibikin komik atau animasi mungkin? Kita liat aja di Popcon Asia nanti deh yah, siapa tahu kalo kesana bisa kolaborasi sama Chico Jericho dan Rio Dewanto.

Baca juga: Kolaborasi, Kunci Bangkitkan Intellectual Property dari Mati Suri