Insight

3 Things “Moneyball” Teaches Us About Innovation

“Your goal shouldn’t be to buy players, your goal should be to buy wins. And in order to buy wins, you need to buy runs.”

Ngomongin inovasi emang ga pernah ada abisnya. Apapun bisa dieksplorasi, termasuk film. Salah satunya adalah Moneyball.

Kalau ngeliat poster film Moneyball sekilas emang terlihat seperti film olahraga baseball biasa. Tapi coba deh nonton sampai abis film yang pernah nyabet 6 piala Oscar tahun 2012 ini, karena sebenernya film ini bukan sekedar film dengan jalan cerita inspiratif yang cuma ngeliat sekelompok orang dengan celana ketat sibuk mengukir catatan prestasi olahraga.

“Stop solving the same problems the same way.”

Jadi awalnya Billy Beane (Brad Pitt), mantan manajer tim baseball “Oakland Athletics”, resah karena beberapa pemain bintangnya dicuri oleh klub sebelah. Sementara, para pemimpin Oakland Athletics sama sekali gak mau mengeluarkan biaya lebih untuk membeli para pemain yang dapat menolong tim. Kemudian Beane bertemu Peter Brand (Jonah Hill), seorang pemuda lulusan Yale yang datang membawa ide ‘gila’ tentang bagaimana mengukur nilai pemain cuma dengan angka statistik!

Baca juga: #ziliun17: Film Indonesia Pemenang Award Internasional

Image credit: ultrahdtv.net

“It’s a process.  It’s a process.  IT’S A PROCESS.”

Dalam tindakannya tersebut, tentu aja Beane menghadapi banyak pertentangan karena para ahli menganggap cara pemilihan pemainnya benar-benar-benar gak masuk akal. Tapi pede aja kalau proses itu bakal bawa hal yang positif. Trust the process. Believe in the process. Buktinya, pada akhirnya tim Beane yang baru hampir ga pernah ngalamin kekalahan tuh.

Baca juga: Bisnis Modal Ngutang, Ngga Jaman!

“The first guy through the wall always gets bloodied.”

Serem? Iya sih. Jadi yang pertama bawa perubahan sering kali perlu perjuangan berdarah-darah karena ga semuanya bisa nerima. Tapi, seperti poin sebelumnya, itu semua adalah proses. Walaupun berdarah-darah, tim baseball Oakland Athletics tetap mengusahakan setiitk kesenangan dalam menjalani proses tersebut. While getting ‘bloodied’ may be part of driving innovation in a company that is not traditionally receptive, if there is not just a bit of enjoyment, fun or passion to this creative venture, then you are missing something – something big.

So.. Moneyball cuman analogi doang sih kalau sebenernya inovasi itu bisa diterapkan di mana pun bahkan di pertandingan olahraga sekalipun. The goal is to be the one changing the game, not the one who failed to see how the pieces fit together.

Baca juga: Be Our Contributor This March!

Header image credit: cinema.theiapolis.com