Featured, Story

The Backstage: Sekilas tentang Bukalapak.com, E-Commerce yang Mengerti Kebutuhan Orang Indonesia

“If you do build a great experience, customers tell each other about that. Word of mouth is very powerful.” – Jeff Bezos, Founder Amazon.com

 

Udah gak perlu dijelasin lagi kali ya kalo sekarang zaman udah canggih banget. Emang kecanggihan ini ngebuat kita jadi lebih mudah ngapain aja, salah satunya jual beli barang. Apalagi Menkominfo pada 2013 lalu menunjukkan data bahwa nilai transaksi jual beli barang secara online di Indonesia telah mencapai angka Rp 130 triliun!

Image credit: jos.or.id

Salah satu e-commerce Indonesia yang saat ini sedang banyak dilirik adalah Bukalapak.com besutan Achmad Zaky. E-commerce ini mendapat perhatian banyak orang karena setiap orang–baik itu pelapak (sebutan penjual di BukaLapak) dan pembeli–dapet good experience sesuai porsinya masing-masing. Jadi, BukaLapak gak hanya mempertemukan penjual dan pembeli aja. Selain itu, yang bikin BukaLapak stand out adalah, BukaLapak ngerti kebutuhan orang Indonesis!

Ngerrti kalo orang Indonesia banyak mau :p

Dari segi pembeli, BukaLapak menyediakan berbagai jenis barang yang lengkap banget (dari batu akik sampe tempat makan burung ada loh!). Enaknya, pembeli bisa melakukan nego (kalau pelapak mengaktifkan opsi nego). Kalau deal, tinggal pesen deh melalui sistem. Gak perlu lagi personal chat agan atau sista :p

Baca juga: Jaka Wiradisuria on the Failure of Valadoo: I’ve Seen it Coming

Enak udah, terpercaya gak? Eits… buat pembeli yang masih belum percaya belanja online, BukaLapak menjamin setiap transaksinya aman dari penipuan karena pembeli tidak mentransfer uang langsung ke pelapak melainkan lewat rekening Bukalapak. Uang pembeli bisa balik 100% kalau barang ga sampe di tangan.

Ngerti kalo gak semua UKM ngerti teknis-teknisan ribet

Buat usaha menengah kecil yang pengen usahanya merambah ke ranah online, tapi gak punya situs e-commerce sendiri, dan gak ngerti cara pasang iklan SEO, ga perlu takut untuk membuka lapak di BukaLapak. Ada layanan feedback dari pembeli yang bisa dimanfaatin buat ngasih diskon ke pembeli tanpa harus nguras keuntungan. Pelapak juga bisa pakai fasilitas pembayaran e-commerce yang praktis dan terperinci. Kerennya juga, lapaknya si pelapak bisa muncul di mesin pencari kayak Google, tanpa perlu pasang iklan segala.

Ngerti kalau pengusaha butuh dapet motivasi dari success story

BukaLapak juga ngasih reward ke pelapak yang berhasil ngembangin usahanya di BukaLapak lewat Blog si Billy. Blog ini selain buat mengapresiasi pelapak, tapi juga menambah kredibilitas tokonya di BukaLapak sekaligus memotivasi yang lain untuk mau berwirausaha khususnya secara online.

Yang mau denger langsung cerita dari Achmad Zaky, founder dan CEO BukaLapak, dateng ke The Backstage 13 Juni besok di SBM ITB, ya! Daftar di sini bit.ly/thebackstage-itb

Baca juga: Nadiem Makarim: Teknologi, Bukan Policy, yang Punya Dampak Terbesar di Indonesia