Featured

Simona : Program Akselerator Untuk Wanita Pertama se-Asia Pasifik

Tantangan seorang perempuan dalam meniti karir dan cita-cita, bukan hanya tentang stigma sosial. Kurangnya akses juga peluang memberdayakan perempuan, salah satunya dalam bisnis dan investasi menjadi problema. Oleh sebab itu, Simona Ventures membangun program APAC Women Founders Accelerator batch pertama yang bekerja sama dengan Digitaraya, akselerator kelas dunia yang didukung oleh Google Developers Launchpad.

Tiga hari yang padat dan bermakna

APAC Women Founders Accelerator batch pertama terdiri dari bootcamp selama tiga hari mulai dari 25-29 Maret 2019, menghadirkan 11 startup yang dipimpin oleh perempuan dari negara-negara di wilayah Asia-Pasifik. 11 startup tersebut adalah AVANA (Malaysia), FUSE (China), Gadjian (Indonesia), Glazziq (Thailand), Kono (Korea Selatan), PolicyPal (Singapore), Roshni Rides (Pakistan), Seekmi (Indonesia), Snooper (Australia), dan Stylegenie (Filipina).

Putri Izzati selaku Managing Partner dari Simona Ventures mengemukakan bahwa nantinya Simona akan menjadi jembatan bagi para pemimpin wanita ini untuk mendapatkan wawasan dari mentor Indonesia dan juga tentunya akses ke pasar Indonesia.

Kesebelas startup yang memiliki latar belakang dan vertikal industri yang beragam, mulai dari artificial intelligence, sumber daya manusia, ritel, asuransi, hingga e-commerce, akan mendapat masukan dan dimentori oleh para pakar ataupun pelaku dari berbagai sektor industri, salah satunya Shinto Nugroho (Chief Policy and Government Relations, GO-JEK) yang akan mengambil perspektif dari regulasi kebijakan dengan pemerintah.

Dana investasi sedang dikumpulkan

Ellen Nio selaku Associate dari Patamar Capital mengatakan bahwa banyak startup yang dipimpin sama perempuan, tapi 40%-nya belum mendapatkan dana investasi”.

Baca juga: Inkubator dan Akselerator Bisnis, Apa Sih Bedanya?

Oleh karena itu, Simona Ventures saat ini sedang dalam proses mengumpulkan dana investasi yang akan digunakan untuk menyokong bisnis, serta inisiatif yang bertujuan memecahkan tantangan kesenjangan gender, terutama di regional Asia-Pasifik.

Simona Ventures akan terus bekerja dengan mitra strategis untuk membangun jaringan dan menemukan bibit-bibit penerus, yang mana dalam jangka panjang bertujuan untuk memberdayakan lebih banyak pemimpin perempuan sekaligus menginspirasi generasi pengusaha perempuan di masa depan.