Insight

Kepepet? Gak Ada Salahnya Bisnis Hampers! Ini Tipsnya!

Tahun ini muncul tren baru menjelang lebaran, yaitu saling mengirim hampers alias parsel dengan isi yang beragam, unik, dan juga aesthetic. Kata “hampers” pun menjadi sesuatu yang mendukung naiknya penjualan dan bisa jadi ide bisnis menjanjikan, gak hanya di momen lebaran, tapi juga momen istimewa lainnya. Gimana caranya bikin bisnis hampers yang oke?

Wajib hukumnya untuk kreatif

Modal yang dibutuhin gak terlalu besar sih sebenarnya, tapi yang terpenting kamu bisa kreatif dalam menentukan isi hampers dan cara mengemasnya. Gak melulu isinya makanan atau minuman, barang sehari-hari kayak tempat makan misalkan, bisa lho jadi ide hampers yang diminati oleh banyak orang.

Manfaatkan momen

Kamu mesti jeli dalam menentukan momen, ini berguna buat referensi desain hampers. Gak harus momen hari raya besar, momen-momen kecil seperti perayaan kelulusan, ulang tahun, atau baby born, juga bisa kamu lirik sebagai peluang munculnya ide kreatif hampers.

Buat segmentasi pasar

Segmentasi Pasar | Idtesis.com
Tabel Segmentasi Pasar | Idtesis.com

Setiap produk itu ada pasarnya, jadi kamu bisa bikin segmentasi dari mulai hampers dengan tipe biasa sampai yang premium. Dengan begitu, pembeli hampers kamu bisa datang dari berbagai kalangan. Tapi, tetap kualitas harus dijaga, hanya isi dan desainnya saja yang dibedakan.

Manfaatkan media sosial

Sosial media, khususnya Instagram, bisa jadi tempat efektif untuk mengenalkan hampers yang kamu jual, asalkan desain hingga kualitas foto/video dibuat dengan semenarik mungkin. Serta informasi yang diberikan detail dan jelas, sehingga tidak membingungkan (calon) pelanggan kamu.

Bermain dengan kata-kata indah

Hampers yang identik dengan desainnya yang aesthetic, rasanya kurang lengkap kalo gak ditambahkan dengan kata-kata indah. Kata-kata indah tersebut dapat dikreasikan dalam bentuk puisi singkat, kutipan, atau narasi pendek. Percayalah, ini bisa menjadi trik pemasaran yang bagus untuk hampers kamu.

Enggak, cuma buat lebaran aja!

Contoh Hampers | Monica Bravo
Contoh Hampers | Monica Bravo

Ide bisnis hampers ini bisa banget kamu cobain setelah berakhirnya lebaran. Apalagi di masa pandemi kayak gini, orang-orang suka saling ngirimin sesuatu via online gitu kan, nah ini bisa kamu ulik lagi sebenarnya sebagai peluang bikin bisnis hampers.

Gimana, guys? Tertarik untuk bikin? Apa jangan-jangan di sini udah ada yang jualan? hehe


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar