Featured

Infografik: Perjalanan Industri Komik Indonesia

Dalam rangka Popcon Asia 2015, Ziliun.com mempersembahkan tiga infografik tentang perjalanan industri film, komik, dan game di Indonesia.

Gak cuma game, komik juga jadi bagian penting di masa kecil banyak anak muda Indonesia. Kita mungkin kebanyakan baca komik Jepang, tapi zaman orangtua kita dulu, ternyata banyak komik-komik lokal yang keren-keren, terutama komik silat, superhero, dan perjuangan. Fakta ini gak akan tim Ziliun.com ketahui kalau kita gak menyusun infografik ini.

Ziliun-Komik
Perjalanan Industri Komik Indonesia

Infografik “Perjalanan Industri Komik Indonesia” merangkum highlight sejarah komik di Indonesia mulai yang kala itu terbit di koran, dibukukan, hingga saat ini muncul penerbit-penerbit komik digital. Nggak cuman itu, judul-judul komik Indonesia dewasa ini juga makin nggak bisa dihitung pake jari.

Wadah untuk belajar bikin komik juga bermunculan seiring berjalannya waktu. Eits, nggak cuman itu lho! Para komikus lokal juga mulai kelihatan prestasinya. Wajib bangga dong!

Kamu suka baca komik? Nggak usah ngaku fanboy deh kalo belum baca dan tergila-gila sama komik lokal buatan anak bangsa!


Infografik “Perjalanan Industri Komik Indonesia” adalah kolaborasi Ziliun.com dengan JTOKU (Nidia Noviana, Andy Wijaya, J Rio Purbaya, Nawa Rie Eda, dan Terra Brajaghosa).

Baca juga: Wajib Tahu: Ada Superhero Indonesia yang Namanya Saepul!

Header image credit: gratisography.com