Insight

FOMO: Penyakit Satu Generasi yang Bikin Salah Fokus

“…one can indeed miss out on extremely important things if one is always rushing out a little too intently to find excitement elsewhere…” – The School of Life

We always try to encourage the young people to do impactful works. Tapi masalahnya, gara-gara kita dibombardir sama segala macam informasi lewat internet, anak muda jadi suka salah fokus. Yang mestinya mulai aja menciptakan karya bermanfaat dari kemampuan yang dia punya, ini malah sibuk ngeliatin hidup para figur besar dari artis sampai entrepreneur, lalu daydreaming sampai kadang kesel kenapa hidup kita gak kayak mereka.

Well, gak ada salahnya dengan menjadikan tokoh-tokoh tersebut sebagai inspirasi. Ya, tapi, kayak yang pernah kita tulis di sini, kalau cuma browsing cerita-cerita sukses orang, kapan berkaryanya?

Itulah penyakit generasi millennials saat ini, The Fear of Missing Out. Kita ngebayangin kalau di luar sana, ada orang-orang dengan hidup yang mestinya kita jalani. Ujung-ujungnya jadi kebanyakan mikir, ‘Mestinya gue sekarang di sini, liburan di sini, atau ikutan event ini buat networking sama orang-orang ini’ instead of bener-bener ngelakuin atau ngebikin sesuatu yang bermanfaat saat ini juga.

Sementara, ada juga sebagian anak muda yang melihat figur-figur glamor dan berhasil lalu berpikir, ‘Ya semua orang punya kelebihan dan kekurangan, gue akan berusaha semaksimal mungkin jadi besar dan bermanfaat’. Enakan kayak tipe kedua ini gak, sih?

Baca juga: Baca Manifeso Ini Setiap Kali Lo Kehilangan Motivasi

Header image credit: bostonmagazine.com