Story

Rubby Emir, Menjembatani Penyandang Disabilitas dengan Pencari Kerja Melalui Kerjabilitas.com

Problem solver, berjiwa sosial, dan menginspirasi. Ialah Rubby Emir, CEO dari Kerjabilitas.com, sebuah platform yang menjadi koneksi antara penyandang disabilitas pencari kerja dan penyedia kerja. Mas Rubby yang aktif di kegiatan sosial ini hadir memberi jawaban atas teman-teman para penyandang disabilitas yang sulit mendapatkan pekerjaan.

Dengan startup yang dibangunnya bersama Komunitas Saujana, Mas Rubby memiliki purpose besar untuk menciptakan perubahan dengan merangkul penyandang disabilitas agar terus berkarya dan menjadi pemain yang setara dengan tenaga kerja lainnya. Di sela aktivitasnya, Mas Rubby gak segan untuk berbagi cerita dengan Ziliun, bahwa betapa menyenangkannya bisa memberikan dampak positif melalui inovasi dan teknologi.

Awalnya, Mas Rubby dan Komunitas Saujana menciptakan Kerjabilitas.com dilatarbelakangi oleh para pencari kerja disabilitas yang selalu menemui masalah apabila ingin mencari informasi atau lowongan pekerjaan yang accessible bagi mereka. Platform yang biasanya diakses oleh para jobseeker antara lain JobsDB, Jobstreet, Karir.com, dan yang lainnya, dimana platform ini dibuat untuk jobseeker secara umum. Selain itu, platform tersebut belum tentu bisa diakses oleh beberapa jenis disabilitas karena belum menerapkan teknologi ramah disabilitas. Misalnya, seperti penyandang disabilitas netra yang menggunakan screen reader sebagai alat aksesnya.

Baca juga: Awie Wang: Sepatu yang Tepat Mendatangkan Kesempatan

Setelah Kerjabilitas.com terbentuk, Mas Rubby dan tim mulai merangkul teman-teman penyandang disabilitas dengan melakukan kunjungan ke sekolah luar biasa, panti rehabilitasi, atau balai pelatihan, komunitas-komunitas penyandang disabilitas, dan dengan memasang iklan-iklan digital atau berkomunikasi melalui akun media sosial Kerjabilitas.com. Di Indonesia sendiri, komunitas disabilitas berkumpul dan berorganisasi. Melalui organisasi inilah, Komunitas Saujana masuk dan bersama-sama mengembangkan Kerjabilitas.com yang berisi informasi yang mereka butuhkan, dan dapat digunakan dengan mudah bagi mereka (accessible).

Membangun sebuah startup, tentu tidak terlepas dari adanya tantangan. Dimana Kerjabilitas.com dibangun secara eksklusif dan dikhususkan untuk penyandang disabilitas. Sehingga beberapa keputusan penggunaan teknologi di dalamnya harus mempertimbangkan keutamaan fitur aksesibilitas di atas fitur lainnya. Untuk tantangan dari sisi teknologi, Mas Rubby dan Komunitas Saujana mengadakan diskusi kelompok terarah dengan perwakilan komunitas disabilitas netra, rungu, dan daksa. Dari hasil diskusi inilah, Kerjabilitas.com dibangun dan melalui proses pengujian dengan penyandang disabilitas sebagai tester-nya, dimana nanti mereka sendiri yang akan menjadi pengguna akhir produk.

Baca juga: Herman Tantriady dan Lima Watch: Membuat Ide Jadi Spesial Lewat Proses dan Eksekusi

Sejauh ini, Kerjabilitas.com sudah berhasil membantu beberapa penyandang disabilitas mendapatkan pekerjaan. Sejumlah kandidat memang masih sulit memenuhi kriteria perusahaan dikarenakan akses kepada pendidikan yang masih terbatas. Berangkat dari sinilah, dikembangkan layanan kursus online di Kerjabilitas.com yang memang masih dalam tahap peningkatan kualitas dan kuantitas konten. Strategi bisnisnya, sebenarnya lebih mendorong pada dampak sosial dan keberlanjutan. Sehingga tujuan utama startup ini bukan pada profit, melainkan adalah dampak sosial. Walaupun prospek ke depan sangat besar untuk mendapatkan revenue karena isu ketenagakerjaan disabilitas sudah semakin mendapat perhatian publik dan sektor swasta. Saat ini, Kerjabilitas.com masih pada tahap non-revenue dan akan mulai menerapkan model freemium pada tahun ini. Revenue stream akan difokuskan pada pengguna kedua, yaitu penyedia kerja yang memanfaatkan layanan ini untuk merekrut penyandang disabilitas berbakat.

Fenomena saat ini, banyak anak muda yang masih takut untuk menjadi problem solver di lingkungan terdekatnya. Setiap orang seharusnya bisa menciptakan perubahan positif dengan memanfaatkan media, seni, dan teknologi yang ada.   Salah satu contoh yang tepat adalah startup yang sanggup menjadi jawaban dan penghilang dahaga atas kehausan terhadap permasalahan tertentu. Kerjabilitas.com mampu tumbuh dan berkembang sehingga dapat menjadi problem solver dengan prinsip yang kuat dari Founder-nya sendiri, yaitu Mas Rubby. Menurut Mas Rubby, seseorang haruslah menjadi bagian dari solusi. Karena jika tidak, maka bisa saja dia adalah bagian dari masalah. Berangkat dari sinilah, Mas Rubby memperjuangkan  passion-nya. Prinsipnya, waktu yang tepat untuk melakukan hal baik adalah sekarang, dengan alat apapun yang ada. Karena sambil berjalan, kita pasti akan dapatkan alat baru yang lebih baik. Ini sama seperti kita membuat jalan sambil berjalan. Jadi, mengapa harus takut kalau kita sebenarnya bisa memberikan dampak positif bagi banyak orang?

Indonesia masih membutuhkan startup-startup yang membantu memecahkan banyak permasalahan di negeri ini dan memberikan dampak sosial dan lingkungan. Di dalam organisasi kami, saya sering mendorong setiap orang untuk berpikir kritis. Biasanya, masalah akan terlihat lebih jelas jika kita memandang hal biasa dengan cara berbeda. Dan jika sudah tahu masalahnya apa, jadilah solusi. – Rubby Emir, Founder Kerjabilitas.com –

Baca juga: Giovanni Widjaja, Dari Menjual Pomade Vintage hingga Membuka Barbershop