Uncategorized

Ziliun Call for Articles: Intellectual Property in Indonesia

Udah pernah baca tentang artikel kita Mengenal Pop Culture dan Cara MerayakannyaAtau, udah tahu juga kalau Karakter Fiksi Indonesia Butuh Proteksi dan Hak CiptaTertarik untuk Mengapresiasi Komik Lokal Lewat Kosasih AwardMungkin, sekedar pengen tau gimana cerita Game di Indonesia Sekarang dan Akan Datang?

Iya, Popcon Asia 2014 akan hadir akhir minggu ini, udah gak sabar?

Popcon Asia 2014, Festival komik, mainan, film dan animasi terbesar se-Asia Tenggara ini akan dilaksanakan 19-21 September di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta Selatan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Popcon Asia ini akan mengangkat potensi lokal Indonesia atau Intellectual Property (IP). Gak tau apa itu IP? IP sebenarnya adalah sebuah karya dari buah pikiran, contohnya musik, literatur, game, komik dan bahkan sebuah penemuan inovasi.

Banyak di antara komunitas lokal atau individu di Indonesia yang berhasil membuat suatu IP, tetapi tidak sedikit juga yang gak paham gimana cara ngembangin hal tersebut, mulai dari networking, promosi, sampai selling produk mereka. Padahal ini, contohnya komik. Ketika komik tersebut sukses, maka bisa diangkat menjadi game bahkan bisa sampai merambah ke film, lalu ada merchandise dan masih banyak lagi. Potensi bisnis dari IP sendiri sangat besar!

Sebenarnya banyak lho IP lokal yang berpotensi, cuma sekarang mereka ada yang masih malu-malu atau bahkan gak tau cara ngembanginnya. Ngembangin IP juga gak segampang yang kita kira. Ilustrasi, musik, game sampai animasi lokal bakal gak optimal kalau pengetahuan kita tentang hak cipta sedikit. Sayang kan kalo hasil karya kita sendiri malah dimanfaatin orang lain.

Baca juga: Creative Commons, Melegalkan Karyamu Secara Gratis

Nah, ketika banyak orang udah berusaha ngembangin IP mereka masing-masing. Kita bisa juga lho berkontribusi. Makanya, Ziliun memanggil semua untuk turun langsung! Kirim tulisan kamu mengenai Intellectual Property di Indonesia! Apa yang mau kamu sampaikan ke pekerja kreatif kita? Apa hal tentang IP di Indonesia yang harus diketahui semua? Share to us, let us tell to the world!

Kaos Ziliun: #RombakPolaPikir 🙂

Pemenang akan mendapatkan free ticket pass selama tiga hari Popcon Asia 2014 berlangsung, kesempatan untuk bertemu dan mewawancarai para superhero lokal Indonesia, dan mendapatkan kaos #RombakPolaPikir-nya Ziliun! Tentu, tulisan pemenang akan dimuat di Ziliun.com.

Jadi, ini langkah yang harus kamu ambil:

  1. Kirimkan naskah tulisanmu sepanjang 500 – 800 kata, mengenai Intellectual Property di Indonesia
  2. Naskah adalah artikel opini yang menggambarkan perspektif pribadi kamu. Jangan takut untuk berpendapat dan menuangkannya dalam tulisan yang me-#RombakPolaPikir kita!
  3. Kirimkan naskahmu dalam bentuk .docx ke alamat email halo@35.198.234.63, selambat-lambatnya Kamis, 18 September 2014. Lalu, tunggu kami menghubungi kamu!

Spread the words!


#popcon2014 adalah rangkaian artikel Ziliun mengenai industri kreatif Indonesia dalam rangka menyambut Popcon (Popular Culture Convention) Asia 2014. Festival komik, film, mainan, dan animasi terbesar di Asia ini akan diselenggarakan di Jakarta, 19-21 September 2014.