Featured

YouTube Happy Hour: Happy-Happy dan Kolaborasi a la YouTuber Indonesia

Apa jadinya kalau 100 YouTubers Indonesia berkumpul untuk berjejaring dan berkolaborasi?

YouTube di Indonesia emang lagi super ngehits! Siapa sih sekarang yang gak tau YouTube, segala rupa mulai dari lagu, film, tips en trik sampai kisah motivasi ada di sana. Ziliun bukan pertama kalinya ngomong gini, tapi emang YouTube punya lebih dari 1 miliar unique users setiap bulan, dengan lebih dari 100 jam durasi video yang diunggah setiap jamnya!

Kreator video online Indonesia juga udah makin kedengeran gaungnya. Ekosistem video online di tanah air emang berkembang. Ya liat aja di acara tivi-tivi, itu courtesy juga dari YouTube semua. Web series di YouTube, bahkan ditayangin di tivi juga. YouTuber Indonesia banyak, dengan genre dan basis massa-nya masing-masing. Ingat juga kan infografik #ziliun17 yang ngebahas 17 YouTuber dengan subscriber terbanyak? Dan kreator kita gak cuma mereka. Masih banyak lagi potensi dari YouTuber kita lain yang gak kalah kreatifnya.

infografik #ziliun17

Ya, kebanyakan sih emang dari kalangan anak muda, yang lagi semangat-semangatnya. Ingat juga kan, Ziliun pernah bahas gimana abege jadi konsumen utama platform online video satu ini. Nah, gimana caranya biar lebih banyak anak muda gak cuma jadi konsumen, tapi juga produsen konten kreatif?

Dari perjalanan #ziliunSV tempo hari, Ziliun juga udah cerita tentang kunjungan ke YouTube Space di Los Angeles, sharing space yang didedikasikan untuk para kreator video. Di sana, mereka bisa memproduksi video, mulai dari perencanaan konten, brainstorming ide, proses syuting, editing video, sampai upload ke channel YouTube.

YouTube sangat tahu, bagaimana jika para kreator-kreator tersebut ditempatkan pada satu tempat, dan dapat dipastikan akan menghasilkan sesuatu yang unik dan bermanfaat. YouTube Space di Los Angeles ini tidak hanya diajarkan untuk para kreator belajar bagaimana cara membuat video yang baik, trus upload lalu dapat viewers banyak. Tapi juga mengajarkan bagaimana pentingnya networking dan kolaborasi. Banyak acara-acara komunitas, workshop dan seminar dilakukan di YouTube Space ini yang memungkinkan adanya kolaborasi di antara mereka.

Kalo di Indonesia, gimana? Ya, YouTube Space gitu emang belum ada sih. Terus, kreator kita pada ngumpul gak?

Masih minim, iya. Ada memang, inisiatif seperti Layaria yang jadi rumah para kreator video online di Indonesia. Di Layaria, tergabung para partner YouTuber lokal yang berkumpul dan berkolaborasi. Tapi mah jelas, kita akan selalu butuh lebih banyak inisiatif pemersatu biar kultur kolaboratif di antara para kreator pun lebih cepat tumbuhnya. Butuh momen sih, salah satunya.

Salah satu momen penting bagi YouTuber Indonesia sih, ada YouTube Happy Hour Indonesia. Sempet heboh banget di India, dan saya rasa sih kalo di Indonesia bakal lebih meledak lagi. Apa jadinya kalau 100 YouTubers ngumpul, saling sharing, networking, bahkan sampe omongin proyek kolaborasi bareng? Pecah!

Jumat depan, tanggal 5 September 2014, acara YouTube Happy Hour Indonesia ini bakal kejadian. Di sana, bakal hadir para kreator YouTube yang juga bakal sharing ilmu dan pengalaman per-video-an, bahkan sampe vlogging bareng di hari H. Kreator, stakeholders, sampai yang baru sekedar penikmat YouTube bakal gabung dalam gathering kasual yang semi-party a la Friday night ini.

Kalau kamu YouTuber, atau penikmat YouTube, atau ngaku kreatif dan percaya sama kekuatan online video, bisa segera daftar di form ini. Dan ajak semua ikut happy dan berkolaborasi.