Opinion

Kenapa Bodoh Itu Mesti Dipiara

“Stay hungry, stay foolish.” (Steve Jobs)

Ada sebuah cerita nih. Seorang mahasiswa dari universitas ternama yang nggak pinter-pinter amat. Lulus dengan IPK yang nggak seberapa, mepet banget buat daftar di perusahaan-perusahaan gede. Daftar sana sini, banyak ditolaknya. Beberapa bulan nganggur, sampe ada temennya yang nawarin kerja ala kadarnya jadi tukang input data di salah satu perusahaan telekomunikasi sebutlah. Padahal cita-citanya jadi pengusaha.

Jadi pegawai kontrakan nggak apa katanya, sebagai awalan. Sambil nabung-nabung buat modal usaha. Dia punya prinsip kalo mau bikin usaha ya nggak boleh sampe ngutang. Pinternya dia, kalo ada training kesana kesini dia selalu mau buat diutus ikut sebagai peserta. Ngerayu atasnnya biar dikasih mandat. Mangkir bentar dari kerja nggak apa, malah dapet ilmu baru pikirnya. Siapa tau kepake kalo dia bikin usaha nanti.

Baca juga: Cari Partner dengan Skill Berbeda, Tapi Punya Visi yang Sama

Selang beberapa tahun kerja disana, modal udah ngumpul. Nyoba buka usaha, ayam penyet pinggir jalan. Awalnya lancar-lancar aja. Kalo siang kerja kantoran, kalo malem buka ayam penyet pinggir jalan. Tukang masaknya dia sendiri, tukang bersih-bersih ya dia sendiri. Sampai akhirnya dia nyadar, kalo dia nggak bisa kerja sendiri dan bagi-bagi rejeki sama tetangganya buat bantuin ayam penyetnya.

Suatu hari, halah kayak dongeng aja sih! Iya, suatu hari dia nggak sengaja dia ketemu sama temen SMA-nya bisa dibilang udah sukses ngelola usaha. Walau ayam penyetnya masih kecil, warungnya cuman lesehan trotoar pinggir jalan, dia nggak malu buat nanya-nanya gimana caranya ngembanginnya. Dibilang bego ya bodo amat, memang nyatanya begitu. Ya habisnya udah katam banyak buku motivasi tapi nggak ngefek sama sekali sih.

Baca juga: 7Langit, Memberi Solusi Lewat Aplikasi

Singkat cerita, dia disuruh keluar dari kantor dan fokus jualan ayam penyet sama temen SMA-nya tadi. Dia sih sebenernya takut. Takut keluar dari zona nyaman, zona aman finansial. Terus temennya bilang, gimana caranya dia harus berani bikin keputusan untuk menjadi seorang pengusaha, terus ngebuktiin kalo zona nyaman itu sebenernya ada dimana-dimana, nggak perlu ditinggalin dan nyari zona nyaman baru.

Awalnya memang kocar kacir buat nyokong perekonomian, tapi setelah dia belajar banyak soal gimana mengelola usahanya, mulai deh ketata rapi management keuangan dan sdm warung kecilnya itu.

Namanya waktu kan muter terus, usahanya makin gede. Buka cabang dimana-mana, kelasnya udah sekelas restoran, bukan penyet pinggir trotoar lagi. Temen-temen yang dia temui waktu jaman kerja kantoran malah masih sama, kalo makan siang di resto ayam penyetnya dia.

Baca juga: Startup Butuh Mentor, Bukan Investor

Image: lisong24kobe.deviantart.com

Steve Jobs pernah bilang, “Stay Hungry, Stay Foolish”.

Tapi bukan berati kita harus kelaperan juga bego terus dalam arti sebenernya. Lagian mana ada yang mau sih dibilang orang bego? Hampir nggak ada sih. Tapi kalo menurut saya, nggak apa kok kita di cap bego. Toh nyatanya memang nggak semua kita bisa, nggak semua kita tahu. Ya enggak? Iyain aja deh!

Dari cerita saya tadi, nggak instan kan proses dari karyawan jadi usahawan. Dia ngerasa kalo dia itu laper terus, laper ilmu. Nggak mudah puas sama apa yang udah dia punya, pokoknya babat aja selama nggak ngerugiin orang lain! Kalo analogi orang kelaperan, mau nggak mau biar nggak laper harus makan. Kalo nggak punya sesuatu buat dimakan ya usaha gimana caranya ada yang dimakan. Kecuali mau terus menikmati kelaperan sih.

Baca juga: Inspiration from The Valley: Amanda Surya

Saya selalu merasa kalo menjadi “bodoh” itu perlu. Dengan gitu akan terusan nyari tau hal-hal yang belum tau. Pertanyaan – pertanyaan akan terus berkeliaran dalam otak, dan haus akan segala sesuatunya. Ilmu juga pembelajaran hidup yang bisa bikin kita nggak mudah puas buat sebuah pencapaian. Karena dari situ perubahan kecil yang bakal jadi gede dimulai.

Never be satisfied, and always push yourself. Tentunya buat mencoba hal-hal baru yang belum kita tau. Dari semangat yang kecil, zona nyaman akan bertambah luas dan bersiap untuk perubahan yang lebih baik. Ayo, semangat! Jangan pernah puas dengan ilmu yang kita punya. Stay hungry, stay foolish.