Featured

May: Month of Education

“Education is not preparation for life; education is life itself.” – John Dewey

Ngomongin pendidikan emang gak ada habis-habisnya. Waktu sekolah, kita diajarin kalau kebutuhan primer itu pangan, sandang, dan papan. Lama-kelamaan, kebutuhan primer kayaknya bertambah satu, yaitu pendidikan.

Denger kata “pendidikan”, yang langsung kepikiran mungkin adalah sekolah formal, duduk di bangku dari SD sampai SMA, terus yang mau dapet gelar S1 ya lanjut ke pendidikan tinggi, alias kuliah. Kenyataannya, pendidikan jauh lebih kompleks dari itu. Ada pendidikan non-formal dari kursus dan pelatihan. Ada pendidikan di rumah dari keluarga. Ada juga yang sering disebut school of life: belajar dari pengalaman nyata di kehidupan.

Image credit: huffpost.com

Baca juga: Sistem Pendidikan Indonesia yang Menyesatkan

Bulan ini, Ziliun mau mengupas tentang pendidikan: gimana seharusnya pendidikan yang bener menurut orang-orang yang banyak terlibat dalam pendidikan, lalu apa output sebenarnya dari pendidikan.

Sounds serious? Mungkin iya, tapi tanpa kita sadari, pendidikan tuh deket banget sama kita sehari-hari, karena tiap hari kita terus belajar (baca Ziliun juga bagian dari belajar dengan cara ngerombak pola pikir). Seperti kata John Dewey: “Education is not preparation for life; education is life itself”. Jadi, udah saatnya anak muda sedikit banyak tahu tentang isu ini.

Anyway, we are very much open to article contribution, tentunya yang memenuhi our editorial requirement, ya!

Baca juga: Renungan di Hari Pendidikan Nasional, Siapkah Kita Berubah?

Header image credit: kaboompics.com