Insight

Web Design dan Digital Marketing: Anak Kembar yang Tak Dapat Dipisahkan

Di jaman serba digital seperti sekarang, website merupakan salah satu komponen penting untuk branding dan juga impresi awal dari suatu perusahaan. Lebih lanjut, website juga berperan penting dalam berbagai strategi digital marketing dan digital advertising yang akan kita jalankan. Banyak online campaign yang masih menggunakan website sebagai landing page, maka website dengan desain yang profesional, user friendly, dan juga berfungsi dengan baik wajib hukumnya.

Tidak diragukan lagi bahwa web design merupakan salah satu komponen penting dari strategi digital marketing. Layaknya anak kembar, keduanya tidak dapat dipisahkan.

Lalu apa saja komponen terkait web design yang harus kita perhatikan untuk menunjang strategi digital marketing yang ingin dijalankan? Berikut beberapa di antaranya.

UX is Everything!

Menurut data dari comScore, di tahun 2013 – 2015 yang lalu, akses website melalui tablet meningkat 30%, sedangkan akses melalui smartphone meningkat hingga 80%! Melihat hal ini, maka tampilan website harus optimal untuk komputer, tablet, bahkan smartphone. Karena kalau tidak, pasti user akan malas untuk melihat informasi di website-mu dan segera meninggalkannya.

Memang sebuah website yang mudah dimengerti oleh pengunjung, memiliki desain yang profesional, serta dapat diakses dengan cepat sangatlah penting. Namun, sebelum memikirkan hal-hal tersebut, pastikan dulu kalau tampilan website kamu optimal untuk berbagai device.

Search engine optimization (SEO)

Apakah website kamu sudah muncul di hasil pencarian melalui search engine? Jika belum, segera benahi atau optimalkan SEO website kamu. Hampir 93% orang mencari sesuatu di Internet melalui search engine, jika website kamu memiliki visibilitas yang baik di search engine, maka semakin banyak kemungkinan orang masuk ke website secara organik.

Selain melalui back end dan coding, konten yang ada di website-mu juga berperan penting untuk mengoptimalkan SEO. Salah satu caranya adalah dengan memastikan kamu memiliki konten yang up-to-date, ditulis dengan baik, dan konten juga memuat kata kunci penting terkait produk dan perusahaanmu.

Conversion rate optimization (CRO)

Untuk mengukur keberhasilan online campaign yang kita lakukan melalui digital marketing adalah melalui conversion rate, di mana target audience melakukan apa yang kita harapkan (misalnya: membeli suatu produk, mendaftarkan diri, dll). Untuk membantu meningkatkan conversion rate, kita dapat mengoptimalkan efektivitas website melalui pop up banner, main banner yang catchy, dan serta desain yang menarik.

Nah, setelah melihat beberapa poin di atas, coba deh cek, tampilan website-mu sudah menunjang strategi digital marketing yang ingin kamu jalankan belum? Kalau belum, tak ada salahnya lho, untuk segera membenahi dan meminta bantuan dari profesional. Selamat mencoba!