Opinion

Untuk Kamu Kaum Fresh Graduated, Belajar Dari Keanu Agl

Belajar dari Keanuagl, si selebgram viral…….

Wahai para fresh graduate yang bermuram durja, kisahmu dimulai dari sidang online, tanpa perayaan atau selebrasi dari teman yang barangkali sudah 1 jam dengan setianya menunggu di depan ruang sidang, dan jadwal wisuda yang ditunda, bahkan ditiadakan, atau jangan-jangan malah jadinya wisuda online ya. Waduh. 

Dan dilanjutkan dengan kenyataan  yang bikin alis naik sebelah (pasti pada gak bisa kan, jangan bilang lagi nyobain wkwkw) adalah dunia kerja, apalagi di tengah pandemi gini, banyak perusahaan yang  juga lagi struggling buat ngejalanin bisnisnya.

Itu artinya, kita ga bisa serta merta ngarepin orang lain, kita mesti ngandelin diri kita sendiri, apa sih potensi yang mau kita coba gali? 

Kita bisa belajar dari Keanu Agl, seorang content creator yang viral karena tingkahnya yang lucu saat menjawab pertanyaan dari netizen. Bukan tingkahnya doi yang pengen dibahas, apalagi video nya yang viral, tapi gimana doi bisa bikin dirinya marketable dan bisa ditiru sama kalian yang berstatus fresh graduate dengan kondisi bisnis yang lagi ga oke.

Nih yang pertama, si Keanu kalo bikin video di Instastory ada konsep yang doi bawain, kayak punya ciri khasnya sendiri, “oh Keanu itu orangnya gini, tipikal konten story nya tuh gini” Jadi itu secara gak langsung nunjukin “brand” Keanu tuh gimana…… Apa yang orang liat adalah Keanu tuh bisa banget ngomong depan kamera, luwes juga gayanya, dan orang nungguin kontennya doi. Dari sini, orang mikir dong, kalo mereka ada produk, bisa banget endorse ke Keanu, karena doi udah ada “brand” dan “public speaking nya bagus”

Kedua, doi kalo udah endorse, niat banget  cuy, doi bakal ngenalin produknya dan  gak basa basi doang, nih Keanu aja pas di endorse sama toko mukena, doi sampe pake sendiri, lho, dengan gaya kayak ibu-ibu.  Ini nunjukkin kalo doi serius buat ngejadiin endorse sebagai bisnis, coba inget-inget siapa influencer atau selebgram yang kalo endorse produk kayak niat tapi gak niat gitu lho, males kan liatnya.

Keanu jadi public figure yang populer, selain karena celetukannya “becanda, sayang” dan OOTD andalan, kaos dan celana pendek, doi bisa bikin diri dia terus dicari orang dan menjamah banyak bidang, gak cuma konten di Instagram.

Apa yang bisa kamu lakuin?

Kaum fresh graduate mesti pinter-pinter membuat dirinya “marketable“, di masa pandemi, kalian bisa mulai nentuin kira-kira apa potensi yang dimiliki, trus jangan cuma nunggu, tapi juga aktif “memasarkan” potensi tersebut di publik.

Kalo misalkan kamu jago masak, kamu mesti bikin gimana caranya orang tahu kalau kamu bisa masak dan masakan yang kamu bikin itu enak, entah itu dari foto atau video yang kamu share di media sosial.  Kalo kamu konsisten, itu bakal jadi langkah yang tepat untuk kamu kalo mau bikin brand sebuah usaha kuliner via online. Kamu nggak harus kerja dua kali buat promosiin “who you are” karena sebelumnya kamu udah punya “brand“.

Atau misalkan kalo kamu jago desain, kasih tau orang banyak kemampuan kamu dengan nunjukin portofolio, entah itu di sosial media atau formatnya blog, yang memungkinkan orang-orang buat bisa nemuin karya kamu.

Belajar lagi dari Keanu, kalian perhatiin deh, dia tuh dengan temen-temennya suka bikin kegiatan bareng, salah satunya charity buat penanggulangan dampak Covid-19. Dengan doi bikin kegiatan barengan dan berhasil, orang-orang jadi percaya ke doi kalo ada kegiatan, karena udah ada bukti dan pengalaman.

Nah, coba cek lagi kontak WhatsApp kalian, ada gak temen yang bisa diajakin kerja sama, gak melulu langsung ke bisnis yang gede dengan modal besar, tapi yang paling penting adalah apa “brand” yang pengen dikenalin ke orang-orang, mau dikata project yang udah mainstream, kayak sosialisasi cuci tangan pake sabun, tapi dibikin via Tik Tok, it is going to be good juga.

Daripada nungguin perusahaan yang masih 50:50, mending start from yourself. Ini sekarang semua kegiatan serba online, buat potensi diri kalian di dunia online dengan maksimal. 

Jadilah “Keanu”, tapi jangan jadi Keanu. 

Kamu ga harus jadi Keanu yang bisa haha hihi, ketawa ketiwi, di depan kamera sambil ngomong “becanda, sayang”. Bukan itu poinnya, yang kamu bisa tiru adalah gimana proses dia bentuk brand diri dia dari awal sampai sekarang jadi terkenal, terlepas dari video viralnya. Kalo doi bisa bikin self-branding sebagai seseorang yang lucu tapi blak-blakan, gimana sama kamu? Apa yang bisa digali dan coba tunjukkan? Jadilah Keanu, tapi jangan jadi Keanu, karena kalo jadi dia, sama aja, kamu ga punya brand sendiri berarti. So, buat kalian fresh graduate, tunjukkin skill dengan se-maksimal mungkin. Ubah mindset dari yang nyari kerja ke kerja yang nyari kita

Emang enak gabut dan ga dapet duit jajan?

Becanda, sayang 


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar