Insight

Tidak Bisa Daftar Kartu Prakerja? Ini Solusinya

Kartu prakerja layaknya angin surga bagi mahasiswa yang baru lulus atau karyawan yang terdampak akibat Covid-19. Tapi angin surga itu tiba-tiba berubah jadi angin bohorok setelah ternyata banyak hal yang melenceng dari ekspetasi. Lirik lagunya Mz Kunto Aji, “ekspetasi”,  kayaknya cukup tepat buat ngegambarin perasaan yang abis kemakan ekspetasi dari kebijakan kartu prakerja ini:

Mana mungkin hati ini
Terbuai ekspektasi tinggi
Jika tak berawal indah
Sampai akhirnya kau hancurkan

………

Gimana gak tinggi ya ekspetasinya, selain dapet insentif, keunggulan kartu pekerja ini juga  ada di pelatihan-pelatihan yang katanya sih bisa jadi bekal sebelum turun ke dunia kerja. Tapi banyak pihak yang justru dibuat bete, karena belum apa-apa nih, situs resmi program kartu prakerja sudah error karena kebanyakan yang akses, berasa mau buka pengumuman masuk kuliah aja ya….. huft. 

Jangan berkecil hati dan pantang menyerah ya guys, masih ada kesempatan di gelombang pendaftaran selanjutnya, tapi gak tau deh apa nanti masih sering error atau engga situs resminya, kalo masih, berarti pihak IT nya ga “mengamini” pepatah bijak  yang berbunyi “pengalaman adalah guru terbaik” hehehe.

Tapi selalu ada alternatif di setiap permasalahan yang terjadi, ya gak? buat kalian semua nih yang udah kebelet pengen ningkatin kemampuan tapi belum beruntung di pendaftaran program kartu prakerja, tenangggg! 

Berikut daftar pelatihan online yang bisa kalian ikuti dengan GRATIS bahkan ada yang menyediakan sertifikatnya,  yuk simak di bawah ini!

  1. Coursera
Tidak lolos prakerja, coba daftar Coursera
Banyak banget kursus yang bisa kamu temuin di Coursera

Ada lebih dari 2000 kelas GRATIS yang ditawarkan oleh platform satu ini dengan bidang yang juga beragam, mulai dari komputer, pengetahuan umum, seni, ilmu sosial dan manusia, sampai ke yang spesifik, seperti ilmu kesehatan. Kualitasnya jangan diraguin lagi, para profesor dari institusi terkenal di Amerika siap buat ngasih materi-materi yang bermanfaat buat kalian. Buruan daftar, karena promo pelatihan gratis ini cuma sampe tanggal 31 Mei 2020 lho!

2. edX

edx juga alternatif bagi kamu yang tidak lolos prakerja
di edx, kamu bisa ambil kuliah-kuliah dari universitas top dunia

edX itu kursus online yang dibikin sama dua kampus ternama asal Amerika Serikat, Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT), ada sekitar 2000 kursus yang dibuka dari 140 institusi yang terpercaya, disini juga disediaiin forum diskusi buat kamu yang berbagi gagasan sama orang-orang dari seluruh dunia. Keren kan !

3. IndonesiaX

indonesia x juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak bisa daftar prakerja
Ikuti kuliah dari akademisi top di Indonesia, cuma di Indonesia X

Ini nih platform buatan anak bangsa yang nyediain kursus GRATIS, materinya mirip kayak materi perkuliahan, jadi kalian bisa banget dapet ilmu di bidang sains maupun sosial dengan topik yang spesifik. Para dosen dari kampus ternama di Indonesia bakal hadir buat nyampein materi di platform ini. Mana tau dosen kamu salah satu pengajarnya. Hehe.

4. Satu Persen Indonesian Life School

Belajar tentang kehidupan di satupersen
Belajar tentang kehidupan di satupersen

Konsep platform ini agak berbeda dengan platform kursus online lainnya, karena di Satu Persen, konten edukasi nya fokus ke kessehatan mental dan pengembangan diri, selain itu ada juga mentoring 1:1 dengan mentor Satu Persen, konseling 1:1 dengan Psikologi Satu Persen, dan kegiatan yang membahas topik menarik tentang kehidupan. Unik ya….

5. Google Digital Garage

Google Digital Marketing, alternatif pra kerja
Belajaar digital marketing langsung dari best practicenya Google

Di platform ini kamu diajarin hal yang mendasar banget tentang Digital Marketing. Cocok banget buat kamu yang mau bikin toko online dari nol. Modulnya juga mudah dipahami, karena ada video singkat yang dilengkapi dengan animasi penunjang. Selain itu, kamu bisa ikut kelas Design Graphics, dan bermacam tools Google lainnya yang berguna buat mempertajam skills kamu di dunia kerja.

6. Class Central

Class Central
Cari kelas-kelas terbaik dari listnya Class Central

Kelas ini cocok banget buat kamu yang tertarik buat belajar bahasa asing. Ada 150 kursus yang ditawarin dengan variasi bahasa asing yang sangat beragam. Level nya mulai dari yang paling dasar sampai ke yang mahir. Mana tau abis ikut kelas ini, kalian kalo nonton drama Korea gak usah pake subtitle lagi. Hahaha. 

7. Linkedin Learning 

Asah skill profesionalmu di Linkedin Learning
Asah skill profesionalmu di Linkedin Learning

Linkedin Learning ini tuh pengembangan dari platform aplikasi pencarian kerja, Linkedin. Ada 9.000 topik yang bisa kamu ambil di platform ini, mulai dari perangkat lunak sampai akuntansi. Layanan ini bisa kamu ikuti dengan free trial selama 1 bulan.

Nah, sekarang kalian bisa mulai mempertimbangkan mana kursus yang bisa kalian ikuti, jadi daripada kzl nungguin program kartu prakerja, mending mulai ikut kursus diatas deh. Good Luck!!


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar