Insight

Cara agar Kamu Bisa Meluncurkan Produk Teknologi Tanpa Gelar Insinyur

Meluncurkan sebuah startup bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi kalau kamu tidak mempunyai latar belakang teknis. Kamu harus berusaha untuk mencari partner dari bidang teknis namun kenyataannya kadang kamu belum mempunyai nilai jual yang bagus sebagai partner non-teknis.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Ikuti saja tips-tips berikut ini agar kamu bisa memulai startup kalian sendiri tanpa keahlian teknik. Dengan tips-tips ini kamu bisa meluncurkan startup kamu sendiri tanpa ilmu teknik!

Menyiapkan Diri Sebaik Mungkin

Sebelum meluncurkan produk teknologi, siapkan diri kamu sebaik mungkin. Bekali diri dengan berbagai macam pengetahuan, khususnya yang berhubungan dengan proses pemasaran. Pelajari strategi-strategi jitu yang membuat produk teknologi mendapatkan tempat di hati masyarakat. Dengan ini, kamu mempunyai keahlian yang sangat dibutuhkan oleh startup selain keahlian teknik yaitu pemasaran.

Mempelajari Keterampilan Baru dengan Santai

Setelah belajar untuk menjadi marketer, kamu tetap harus mempelajari keterampilan-keterampilan untuk membuat mockup seperti web design, social media marketing, dan sebagainya. Mockup ini akan menjadi basis kalian untuk menyampaikan pitching dan minimum viable product (MVP) yang dijadikan sebagai titik awal startup kalian dan menjadi bahan pitching.

Hanya saja, pekerjaan ini memang akan cepat mengundang rasa bosan, bahkan stres bagi kamu yang tidak mempelajari ilmu teknik. Kamu jangan minder karena memang dalam membangun startup perlu ada proses pembelajaran. Kamu bakalan mempelajari semuanya dengan perlahan. Jadi bawa santai saja!

Memanfaatkan Media Teknologi yang Ada

Saat ini, sudah banyak media teknologi yang bisa kamu jadikan sebagai alat untuk mempromosikan produk/jasa startup kamu. Membuat website sendiri sekaligus mempromosikannya melalui media sosial menjadi solusi paling jitu untuk memasarkan produk teknologi kamu di jaman modern ini. kamu tidak perlu tahu banyak cara membuat website. Beberapa jasa pembuatan website sekaligus pengelolaannya sudah banyak bermunculan saat ini. kamu bisa memanfaatkannya untuk menunjang pemasaran produk/jasa kamu.

Menjalin Kerjasama dengan Pihak Lain

Memasarkan sebuah produk tidak bisa dilakukan sendirian, terlebih jika kamu masih tergolong new comer. kamu perlu bekerja sama dengan pihak lain yang bisa melancarkan peluncuran produk kamu. Namun begitu, bukan berarti kamu sembarangan mencari pasangan kerjasama. Pilihlah rekan kerja yang jujur, dapat dipercaya, mempunyai misi visi sama, dan mempunyai etos kerja tinggi sehingga dapat membantu kamu dalam pemasaran produk.

Melindungi Produk secara Hukum

Jangan anggap remeh hasil produk teknologi kamu. Bisa jadi ini merupakan teknologi masa depan yang akan booming karena manfaatnya yang tinggi bagi masyarakat. Oleh karena itu, lindungi produk kamu tersebut secara hukum. Jangan ragu untuk langsung mematenkannya. kamu pastinya tidak ingin hasil kerja pikiranmu akan dijiplak begitu saja oleh orang lain kan?

Mengkombinasikan antara Teknik, Desain, dan Pemasaran

Sebagai langkah akhir, sempurnakan peluncuran produk teknologi kamu dengan mengkombinasikan antara teknik pembuatan produk yang berkualitas, desain menarik, dan pemasaran yang tepat. Dengan itu semua, produk teknologi kamu bisa diluncurkan dengan mudah tanpa harus meraih gelar insinyur.