Story

Sunny Gho, The Brain Behind STELLAR Labs

#popcon2015 adalah rangkaian artikel Ziliun selama bulan Juni mengenai profil kreator pilihan dalam rangka menyambut Popcon (Popular Culture Convention) Asia 2015. Festival komik, film, mainan, dan animasi terbesar di Asia ini akan diselenggarakan di Jakarta, 7-9 Agustus 2015. Rangkaian profil ini juga dimuat oleh majalah Marketeers edisi Juli 2015.

Kalau masih ada pihak-pihak yang skeptis dengan betapa talented-nya para kreator visual Indonesia, mungkin mesti main-main ke STELLAR Labs. Karena, mereka yang paham tentang local comic scene pasti udah gak asing dengan STELLAR Labs, salah satu studio komik terbesar dan terpopuler di Indonesia. Sunny Gho, seorang comic artist, adalah otak di balik “laboratorium” para talenta-talenta terbaik Indonesia ini.

Image credit: indonesiakreatif.net

Awalnya, Sunny Gho bekerja di Imaginary Friends Studio, sebuah art studio di Singapura. Lewat Imaginary Friends-lah Sunny Gho banyak ngerjain proyek-proyek besar dari perusahaan kayak Marvel dan DC Comics. Singkat cerita, Sunny Gho kemudian diminta untuk mengekspansi Imaginary Friends dengan bikin comic arm-nya di Jakarta.

Comic arm yang dipegang Sunny Gho ini pun kemudian mulai memisahkan diri dari payungnya sejak awal tahun 2012, dan membuat entitas sendiri bernama STELLAR Labs. Alasannya, menurut Sunny Gho, adalah karena mereka tertarik untuk memperluas produksi ke ranah lain seperti game, serta agar memiliki kesempatan untuk membuat komik sendiri.

Image credit: popconasia.com

Dari pengalamannya terlibat di berbagai proyek, Sunny Gho melalui STELLAR Labs berusaha berkontribusi untuk mendorong gairah komik Indonesia, salah satunya dengan mendirikan Makko Publishing, komik online di Indonesia yang saat ini sudah tidak tayang. Salah satu komik terbitan Makko Publishing yang berjudul “5 Menit Sebelum Tayang” karya Ockto Baringbing dan Muhammad Fathanatul Haq berhasil memenangkan Silver Award di 6th International Manga Award di Jepang.

Sunny Gho sendiri juga terlibat sebagai art director di banyak art project, salah satunya dalam proyek action figure God Complex yang diprakarsai Bryan Lie. Nah, di event Popcon Asia 2015 nanti, Sunny akan memberikan kejutan dengan peluncuran penerbitan komik lokal yang baru! Sunny Gho sendiri pernah mengatakan bahwa lewat komik, ia memiliki mimpi untuk menunjukkan Indonesia kepada dunia. 

Header image credit: Facebook/Stellar Labs