Insight

Biar Gak Ngerasa “Stuck” di Tempat Kerja

Seringkali kita ngerasa bosan dengan pekerjaan yang hampir setiap hari kita lakukan, bahkan sampai berada di titik kita udah stuck di zona nyaman dan memilih untuk pasrah terus berdiam diri sampai mikir “ya udah jalanin aja, toh ini kerjaannya fine-fine aja.”

Sebenernya, pikiran kayak gitu yang malah berbalik arah buat menghancurkan ketika pekerjaan yang udah kita cintai malah bikin kita kerjanya “datar” dan gak ada sensasi menggebu-gebunya.

Tapi tenang, jangan biarin hal itu malah bikin kamu panik. Di luar ada banyak pilihan yang bisa kamu coba, dimulai dari nyari hal baru buat dicoba, pekerjaan sampingan yang bisa dijadiin bahan pengalaman baru, sampai nemuin jati diri kamu seperti apa.

Berikut adalah 8 cara yang bisa dilakukan ketika kamu udah terlalu “nyaman” dengan zona kerja kamu:

Pelajari sesuatu yang baru

Daripada duduk merenung dan bosen ngelakuin hal yang gitu-gitu aja, coba persiapkan diri untuk mempelajari keterampilan atau pengetahuan yang baru. Hal ini bisa membantu kamu untuk mencoba bidang yang sedikit berbeda dan mencoba menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan baru. Percayalah bahwa mempelajari keterampilan baru merupakan “investasi” yang akan selalu berharga untuk ningkatin “nilai” dirimu.

Rancang ulang peranmu

Sulit untuk keluar ketika kamu menemukan “jalan buntu” dalam pekerjaan kamu? Sekarang coba tanyakan pada diri sendiri apa yang perlu diubah. Apakah itu peranmu di perusahaan? Atau pekerjaanmu yang sudah tidak cocok lagi? Coba untuk jujur pada diri sendiri dan pastikan kamu mencari tau apa yang kamu inginkan dan keterampilan yang ingin dikuasai, kemudian rancang ulang apa yang ingin kamu lakukan untuk tempat kamu bekerja sekarang

Mulai pekerjaan sampingan

Selain ngasih kita uang tambahan, pekerjaan sampingan juga memiliki banyak manfaat untuk kita, seperti membantu mengasah keterampilan kita agar lebih profesional dalam bekerja. Penambahan pengalaman baru melalui pekerjaan sampingan, memungkinkan kita untuk fokus terhadap sesuatu yang berbeda dari pekerjaan utama dan itu kesempatan untuk meraih sesuatu yang benar-benar kita inginkan.

Tapi inget, jangan sampe kerjaan sampinganmu malah bikin kerjaan utama kamu keteteran. Kalo udah ditahap keteteran, harus berani untuk mengurangi atau ambil risiko yaitu mundur dari pekerjaan utamamu!.

Coba minta promosi

Mungkin ini bukanlah hal yang mudah ketika kita mencoba untuk meminta promosi atau kenaikan gaji. Tapi hal inilah yang penting untuk dihadapi dan mungkin bisa membawa perubahan yang kamu inginkan agar bisa lebih memotivasimu untuk bekerja lebih profesional lagi.

Beranikan dirimu dan jangan biarkan rasa takut akan penolakan menghalangi untuk bertanya. Dan jika memang kamu mengalami penolakan, inilah peluang mu untuk menunjukkan apa yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan promosi. Jangan ragu untuk memilih langkah karirmu.

Baca juga: Smart Work Vs. Hard Work: Kerja Cerdas Tidak Akan Menggantikan Kerja Keras!

Cari mentor atau pelatih

Peran seorang mentor bukan hanya untuk mereka yang baru memulai karir. Kita yang sedang dilema tentang kerjaan kita, juga dapat nyicipin pelatihan dari mentor kapan aja. Pelatihan juga bisa didapat dari perusahaan yang kadang memiliki program pelatihan resmi atau mungkin kamu juga bisa mengajukan diri ke salah satu tempat pelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaanmu di luar tempat kerjamu.

Ketahuilah bahwa strategi saja tidak cukup untuk mengubah “kehidupan kerja”. Dukungan dari seseorang sangat diperlukan untuk membantu mengubah pandangan kita dengan positif dan dapat memotivasi kita untuk mengambil tindakan yang lebih bijak ke arah yang kita inginkan. Dan di sinilah mentor berperan sebagai pendukung dan fasilitator.

Istirahat sejenak

Santai sejenak dari pekerjaan yang menyita banyak waktu dapat dilakukan dengan pergi berlibur. Hal ini merupakan langkah awal untuk menyegarkan diri dan merasa lebih positif tentang karir yang sedang kamu jalani. Sediakan juga “ruang” untuk dirimu bisa menemukan apakah masih senang dengan karir yang dijalani sekarang atau tidak, dan mulailah mengambil keputusan dengan bijak.

Berjejaring / networking

Terkadang, rutinitas harian kita dirasa menjadi terlalu “datar” dan malah membuat kita susah nemuin inspirasi untuk bersemangat lagi.

Mungkin ada 1 hal yang kamu lupakan, yaitu melakukan perubahan kecil untuk bisa merasa lebih baik tentang karir yang sedang kamu jalani sekarang, yaitu mulai berinteraksi dengan orang-orang di sekitar lingkungan kerjamu dan lingkungan masyarakat tempat tinggalmu. Dari situ, kamu bisa mulai mencari inspirasi dan malah mungkin bisa ngubah pandangan terhadap pekerjaanmu menjadi lebih positif.

Berlatih kembali

Terkadang bosan dan lelah dengan pekerjaan yang dijalani merupakan hal yang wajar bagi manusia. Gak apa-apa jika kamu ngelakui sebuah pilihan untuk lepas dari dilema pekerjaan, karena itu artinya udah saatnya untuk lakukan perubahan di dalam hidupmu.

Perubahan itu merupakan suatu langkah yang baik karena setiap orang pasti berkembang. Jadi, gak ada lagi alasan untuk stuck dalam karir yang sudah tidak disukai hanya karena sudah nyaman, pendapatan bagus, atau bahkan karena setia. Melangkahlah dan temuin jati dirimu yang terbaik!.

Sumber: GoThinkBig.co.uk