Featured

Berkenalan dengan 8 Startup Hebat Pilihan Tempo di tahun 2018 ini!

Rangkaian acara SENYAWA+ yang diadakan oleh Tempo.co dan ROMBAK Media pada 1 Desember 2018 kemarin meliputi berbagai sesi seru, termasuk penghargaan Startup Pilihan TEMPO 2018. Penganugerahan ini dilatarbelakangi oleh kepercayaan TEMPO bahwa startup di Indonesia didirikan bukan hanya untuk meraup keuntungan, tetapi untuk memberikan dampak nyata terhadap lingkungan dan masyarakat.

Para Runner-Up dari berbagai Nominasi bersama Pak Budi Setyarso (Pemimpin Redaksi, Koran Tempo) dan Pak Semuel Abrijani Pangerapan (Direktur Jenderal APTIKA, Kominfo)

Indonesia sendiri menduduki peringkat ke-3 dalam jumlah startup terbesar di dunia. Dengan jumlah 1.559 startup terhitung hingga November 2018, banyak di antara bisnis rintisan tersebut yang benar-benar luar biasa dalam memberikan dampak besar. Bersama Ziliun dan Digitaraya Powered by Google Developers Launchpad, TEMPO melakukan penilaian kepada 14 finalis Startup Pilihan TEMPO yang bergerak menyelesaikan permasalahan dalam enam sektor yang menjadi fokus pemerintah, yaitu agrikultur, pendidikan, kesehatan, logistik, pariwisata, dan energi.

Para Juara dari berbagai Nominasi Startup Pilihan Tempo 2018 bersama Pak Budi Setyarso (Pemimpin Redaksi, Koran Tempo) dan Pak Semuel Abrijani Pangerapan (Direktur Jenderal APTIKA, Kominfo)

Sebelumnya seleksi Startup Pilihan Tempo 2018 ini dilakukan pada tanggal 21 November 2018 di ruang & tempo oleh beberapa juri, antara lain: Agoeng Wijaya (Redaktur Pelaksana Kompartemen Ekonomi dan Bisnis, Koran Tempo), Steven Vanada (Vice President, CyberAgent Ventures), Octa Ramayana (Head of Incubation Startup, Digitaraya), Dian Wulandari (CEO, Instellar) Enda Nasution (Ketua Yayasan startup Digital Indonesia), dan Hiro Wardhana (CEO, Passpod.com).

Setelah itu, keluarlah delapan nama startup terpilih untuk empat kategori penghargaan. Yuk, kenalan dengan delapan startup hebat ini!

 

BEST SOCIAL IMPACT

Tanijoy (Pemenang)

tanijoy. id

Tanijoy adalah startup yang membantu petani kecil dalam akses lahan dan modal agar bisa bertani secara profesional. Tanijoy menghubungkan petani dengan investor dengan skema model syariah untuk membiayai petani dan meminimalisasi risiko investor. Tanijoy menekankan pada transparansi dalam setiap proses yang bisa di-track melalui aplikasi. Tanijoy fokus pada penghidupan lahan potensial, meningkatkan produktivitas pertanian, menyejahterakan petani, dan menciptakan pengusaha pertanian.

Medi-Call (Runner-up)

Medi-call.id

Medi-call berfokus pada menyediakan jasa medis langsung ke rumah. Model bisnis yang mereka tawarkan berangkat dari permasalahan yang dihadapi pasien dalam mendapatkan layanan kesehatan, misalnya antre yang panjang dan jauhnya lokasi pelayanan medis, dan permasalahan yang dihadapi penyedia layanan medis dalam memberikan pelayanan optimal seperti distribusi tidak merata dan potongan pendapatan yang tinggi. Medi-call tidak hanya menghubungkan pasien dengan dokter untuk berkonsultasi di rumah, tetapi juga jasa fisioterapi, bidan, infus, perawat home care dan lansia, vaksin, dan vitamin.

BEST NEWCOMERS

Wahyoo (Pemenang)

wahyoo.com

Wahyoo memiliki misi untuk memberikan nilai tambah dan kebermanfaatan pada warung-warung di Indonesia. Menjadi partner dalam mengembangkan bisnis berwarung, Wahyoo membantu pengusaha warung membersihkan tempat jualan, membantu penggunaan teknologi untuk pengusaha warung, dan menjadi direktori warung-warung di sekitar kita yang kita sukai untuk pesan-antar. Visi Wahyoo adalah menjadi warung makan digital terbesar di Indonesia.

Arkademy (Runner-up)

arkademy.com

Arkademy memilih untuk memecahkan masalah pengangguran lulusan SMK, yang menyumbang jumlah pengangguran terbesar di Indonesia. Padahal, kebutuhan tenaga TI meningkat karena perkembangan industri teknologi. Oleh karena itu, Arkademy menyediakan pembelajaran online dengan modul berlangganan, training sertifikasi, dan penyaluran kerja melalui aplikasi untuk meningkatkan kompetensi pelajar SMK agar sesuai dengan kebutuhan industri.

BEST SUSTAINABLE

Shipper (Pemenang)


Shipper bergerak dalam sektor logistik, berfokus untuk memecahkan masalah pengiriman barang yang dihadapi oleh pengirim, jasa pengiriman, dan penerima barang. Dengan bekerja sama dengan penjual online atau perusahaan untuk menjemput barang menggunakan jasa logistik yang terpilih, Shipper menawarkan layanan gratis. Dengan misi mengurangi pengangguran di Indonesia, Shipper membentuk armada kurir yang siap mengambil barang, sehingga menghemat waktu penjual untuk mengirim barang.

Triplogic (Runner-up)

triplogic.io

Triplogic memanfaatkan bagasi kosong traveller untuk mengirimkan barang untuk kita yang membutuhkan. Sebagai gantinya, traveller yang ditumpangi barang tersebut akan diberi bayaran. Model bisnis ini dibuat untuk menyelesaikan masalah pejalan yang sering kekurangan bagasi dan orang-orang yang butuh untuk mengirimkan barang dengan cepat. Triplogic menawarkan pengiriman barang yang lebih cepat, lebih murah, dengan metode pembayaran yang lebih fleksibel.

PEOPLE’S CHOICE

Wakuliner (Pemenang)

Wakuliner adalah marketplace kuliner pertama dan terlengkap di Indonesia. Misinya adalah untuk membawa kuliner Indonesia ke kancah internasional, mendigitalisasi proses dan sistem kuliner, memberikan pendidikan dan aplikasi kepada pengusaha kuliner, dan memberikan produk-produk kuliner terbaik kepada pecinta kuliner. Wakuliner juga mewadahi katering, franchise, dan informasi mengenai wisata kuliner.

SIKAD (Runner-up)

SIKAD memberikan pelayanan proses end-to-end dalam administrasi sekolah. SIKAD membantu menyelesaikan masalah administrasi yang menghasilkan banyak limbah kertas, database yang tidak tersusun rapi, koordinasi antara sekolah dan pemerintah, dan informasi yang sampai kepada orang tua murid.