Insight

7 Tips agar Startupmu Bisa Lebih Cepat Gagal!

Menjadi seorang startup founder adalah dambaan banyak orang saat ini. Bayangan penghasilan yang tidak terbatas dengan kerja yang tidak terikat waktu membuat banyak orang ingin menjadi startup founder. Sayangnya, dari banyak startup pemula hanya sedikit yang mampu mencapai puncak kejayaan. Berikut ini beberapa penyebab kegagalan dalam menjalankan bisnis yang harus kamu hindari:

Produk Tidak Dibutuhkan Pasar

Banyak orang yang salah dalam memilih produk/jasa atau salah dalam menempatkan target market mereka sehingga tidak sesuai yang diinginkan pasar. Sebagai contoh, membuat solusi startup yang tidak dibutuhkan masyarakat.

Tidak Mempunyai Modal Banyak

Meskipun secara hitungan di atas kertas startup Kamu sangat berkualitas dan diprediksikan mampu melampaui target penjualan, namun jika kamu tidak mempunyai modal cukup untuk membayar karyawan maupun vendor, sama saja. Cepat atau lambat, kamu akan mengalami kesulitan ekonomi yang ujung-ujungnya membuat bisnis kamu gulung tikar.

Memilih Tim yang Tidak Tepat

Membangun dan menjalankan sebuah startup perlu tim yang solid dan kuat. Masing-masing personel mempunyai tugas berbeda yang saling menguatkan. Memilih tim yang tidak tepat, bahkan tidak bisa saling bekerja sama dengan baik, atau bahkan terjadi konfllik internal, sudah pasti akan mempercepat kehancuran startup kamu.

Kalah dalam Persaingan

Dalam dunia startup, persaingan sangatlah ketat. Banyak orang yang hanya meniru startup sukses dan ikut bersaing dengan ide original startup lain. Kalah dalam persaingan jelas akan membuat halangan dalam membangun kembali startup kalian Nah, untuk memenangkan persaingan, kamu perlu strategi. Dalam hal ini, kamu harus belajar pada orang-orang yang telah berpengalaman.

Salah dalam Perhitungan Harga

Menetapkan harga merupakan hal yang vital. Biasanya menetapkan harga harus menggunakan data konsumen agar pas. Menetapkan harga tinggi akan membuat produk kamu tidak laku di pasaran. Sementara, menetapkan harga terlalu rendah tidak akan menutup biaya dan bisa menyebabkan kerugian. Oleh karena itu, sebelum menetapkan harga, lakukan riset tentang harga pasar dan berbagai biaya.

Produk Tidak Berkualitas

Startup harus mengeluarkan solusi yang sudah valid. Startup sangat rentan gagal jika tidak diimbangi dengan data yang valid dan solusi yang tidak menjawab permasalahan target konsumen. Sementara, membuat startup baru yang belum ada di pasaran juga berisiko mendapatkan sedikit peminat karena belum familier. Startup tidak berkualitas tidak akan mendapatkan tempat di hati konsumen.

Pemasaran yang Buruk

Pemasaran merupakan ujung tombak kesuksesan sebuah startup. Pemasaran produk yang dilakukan ala kadarnya jelas akan kalah saing dengan pemasaran para pesaing lain. Saat ini, banyak sekali inovasi pemasaran yang diterapkan startup lain untuk menggaet konsumen. Oleh karena itu, jangan mau kalah berinovasi dalam memasarkan produk kamu!