Insight

Starter Pack of Self-Isolation: Be Healthy, Be Happy 

Untuk sebagian besar orang, mungkin belum terlalu terbiasa sama yang namanya self-isolation, apalagi buat yang emang sehari-harinya punya segudang aktivitas di luar rumah. 

Belum lagi nih, bingung buat nyiapin stok makanan, nyari alternatif kegiatan yang bisa dilakuin di rumah, kayak olahraga, entertainment thingy, atau kegiatan yang bikin kamu tetap happy dan nyaman walau di rumah doang. 

Nah, artikel ini bakal ngasih tau “starter pack” buat kamu yang sekarang lagi di fase adaptasi untuk menghadapi self-isolation, yukkk disimak. 

Stok Makanan 

Kita mulai dari stok makanan. Nah hal pertama yang harus kamu lakuin adalah bikin priority list jumlah makanan yang harus disiapin, makanan yang kamu biasa konsumsi sehari-hari serta makanan yang tahan lama. 

Begitu juga sebaliknya, sesuaiin bahan makanan yang akan dibeli dengan perkiraan rata-rata porsi makan sehari kamu plus berapa lama kamu bakal ngelakuin self-isolation. Jangan asal ngeborong dan malah nimbun stok makanan ya. 

Makanan Kering 

Jangan lupa perhatiin kandungannya biar gizi kamu tetap terjaga. Contoh tipsnya untuk makanan yang mengandung karbohidrat, kamu bisa stok beras, oatmeal, pasta, atau kentang. 

Sebagai temen makan, kamu bisa stok lauk kering, kayak sambel kering tempe, kentang, teri, dendeng, atau abon, kayaknya anak kosan udah “khatam” banget soal ini ya… 

Makanan Kaleng

Makanan kaleng juga gak ada salahnya buat dicoba, kayak sarden kalengan atau kornet, kamu bisa variasiin dengan bahan-bahan lain biar gak bosen. 

Nih ya, sarden kalengan dicampur sama tahu putih dijamin bikin selera makan kamu makin ajibbbb. Eh, ini beneran tau, hehehe. 

Buah dan Sayur 

Untuk urusan buah misalkan, kalo kamu pengen makan pas kondisinya fresh, hindari buat nyuci buahnya, kecuali kamu bakal makan buahnya dalam waktu 1-3 jam. Dan, untuk buah yang udah dipotong, tahannya sekitar 3-4 hari, lewat dari situ bisa busuk nantinya. 

Gak ada kulkas tapi pengen stok buah? Tenang guys, buah-buahan kayak pisang, alpukat, melon, dan jeruk lebih tahan lama kalo diletakin di udara terbuka lho. 

Berbanding terbalik sama buah, sayuran justru harus dicuci dulu, supaya bakteri jahat ga nempel. Sebab, kalo udah nempel, wah bisa jadi kuning dan layu, males banget kan. 

Sumber Protein

Biar ada asupan protein, kamu juga bisa simpen telor. Lumayan banyak resep makanan yang bahan dasarnya tuh telor, ga cuma bisa diceplok atau dibikin jadi telor dadar doang lho yaah….

Jangan Panic Buying!

Nah, temen-temen, itu sebenarnya cuma sebagian kecil dari cara buat nyiapin stok makanan  yang bisa kamu ikutin dengan cukup gampang. Kalo udah dibikin priority list, jadinya gak ada tuh yang namanya panic buying, sampai semua dibeli. 

Inget lho, manusia malah bisa jadi “virus” buat sesama manusia KALO kita nya gak mikirin satu sama lain! 

Panic buying itu bukan solusi, smart buying is. Jangan ngide tiba-tiba ngeborong mie instan, padahal kamu juga sehari-harinya gak mengkonsumsi itu dalam jumlah banyak, lagian ga sehat juga tau. 

Percuma juga beli banyak tapi ujung-ujungnya ga dimakan sama sekali, kan mubazir namanya. Di rumahnya sih dua mingguan ya, tapi beli bahan makanannya kayak persiapan dua bulan, apa gak percuma tuh namanya cuy

Atur waktu makan 

Oh ya jangan mentang-mentang di rumah, waktu makan jadi seenaknya, tetep harus teratur, kan kalo di kantor, ada sesi break yang jadi reminder paling pas buat makan siang. Atau, kalo lagi bareng temen, sambil ngumpul sambil nguyah. Tapi kalo udah di rumah, biasanya bakal lain dah ceritanya. 

Emang sih, gak salah kalo kadang di rumah tuh bawaannya jadi gak laper-laper banget, paling yaah ngemil-ngemil doang, karena itu tadi, gak ada aktivitas yang berarti in general, kecuali kamu beresin rumah dua lantai yah. Nah gak boleh kayak gitu, yang ada bukan virus Corona, malah gangguan kesehatan lain yang datang, ih amit-amit deh pokoknya. 

Nggak Bisa Jajan? Coba Masak!

Yah kalo di rumah, gak bisa dong jajan enak di luar”, eits jangan ragu jangan bimbang, kamu bisa “eksperimen” sama resep yang bertebaran di internet. Tenanggg, masakan kamu gak akan dikomentari sama Chef Arnold kok, jadi kalo gak sesuai ekspektasi sih, it is fine banget. Bisa jadi hasil “eksperimen” kamu bisa ngegantiin kangennya kamu sama jajanan diluar sana.

Tetap Bugar

Oh ya selain urusan perut, yang harus dipikirin pas masa self-isolation tuh gimana sih biar bisa tetep bugar. Pengen olahraga tapi gak punya alat gym di rumah? Apalagi buat yang nge-kos, ukuran kamar gak seberapa, mana bisa buat dijadiin tempat lari? 

Baru juga melangkah eh udah kesenggol dispenser, ke kanan sedikit udah keinjek tumpukan baju yang belum disetrika, ke kiri ada magic com, serba salah deh pokoknya kayak Raisa. 

Untuk itu, 7-minutes workout bisa jadi salah satu solusinya. Buat yang masih belum familiar, bisa cek di Youtube, kamu bakal nemuin banyak banget video yang ngasih tutorial 7-minutes workout

Terserah mau pilih yang mana, 7-minutes workout relatif ga butuh tempat yang luas. Gerakannya pun gak terlalu ke sana ke mari. Tapi efeknya? Cobain deh, asli bakal keringetan. 

Alternatif lain yang bisa dicoba adalah main lompat tali alias skipping. Olahraga rumahan ini juga bisa kamu lakuin di tempat yang sempit, asalkan jangan heboh yah lompatnya, udah stay di satu titik aja. 

Lumayan tiap hari lompat-lompat, badan bisa jadi bugar. Olahraga mah yah gak harus lama, yang penting rutin. Kalo rutin, hasilnya bakal keliatan kok. 

Jangan Rebahan Terus Guys!

Mumpung lagi ada waktu “me-time”, walaupun ga direncanain sih, tapi harus tetap worthy kegiatannya. Tubuh kamu harus gerak, jangan dibawa rebahan mulu, apalagi stuck di depan timeline media sosial dalam waktu yang lama. 

Buat yang lagi Work From Home (WFH), abis di depan laptop, ngerjain ini itu, yuk luangin waktu kamu buat ngelakuin sesuatu yang bisa jadi your entertainment

Misalkan dengan baca novel yang udah lama numpuk di pojokan rak buku, nonton series favorit di Netflix, bikin handmade ala-ala, ngisi konten di blog pribadi yang udah lama banget nganggur, atau mungkin nyobain masak, siapa tau enak, ya gak? 

Beresin Kamar

Atau kalo udah di level sangat kreatif, kamu bisa dekorasi ulang kamar. Coba deh intip mbah Google, bakal bejibun dah referensi kamar yang lucu dan unik. 

Kan, kalo ga kayak gini, mungkin kamu susah nyari waktu buat beresin kamar. Padahal, kalo beruntung, mana tau bisa ketemu foto kenangan sama mantan yang keselip di bawah meja.  Kelupaan dibuang, barangkali? 

Self-isolation tuh secara fisik kita gak beraktivitas di luar, TAPIIIIIII bukan berarti malah bikin kita kurang beraktivitas.

Jangan Lupa Hal-hal Kecil 

Jangan lupa juga sama hal-hal kecil yang kadang masih dilupain oleh sebagian besar orang, kalo udah seharian di rumah.  Ini termasuk minum air putih yang cukup. 

Emang sih, kamu gak akan haus kayak pas bulan puasa. Tapi, pasti udah pada tau apa risikonya kalo gak minum air putih yang cukup… Bisa bahaya heeeyyyy. 

Jangan lupa juga mandi, kamu mau ntar kuman jadi nyaman banget nempel di badan kamu. Gak banget ih! 

Walaupun di rumah, kondisi harus tetap sehat dan happy pastinya, karena itu udah jadi satu paket. Kalo ga sehat, jadinya ga happy, kalo ga happy, jadi males ngapa-ngapain, hmm jadinya ga sehat juga. 

Apa Starter Pack Kamu? 

Nah, highlight apa aja starterpack yang bisa kamu temuin dari artikel ini, siapa tau bisa bermanfaat buat menemani hari-harimu di rumah atau kosan. Ini starterpack versi Ziliun, gimana dengan versimu? 


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina
Disunting oleh: Azwar Azhar