Featured, Insight

Biar Speed Dating Hasilnya Happy Ending!

Startup dibangun tujuannya untuk menjadi solusi akan suatu masalah yang terjadi di masyarakat. Tapi ngomongin ngebangun startup juga enggak bakal lepas dari masalah internal. Ya pasti enggak jauh-jauh dari masalah tim, leadership, me-manage organisasi hingga masalah krusial yaitu Pendanaan. Seperti yang udah pernah dibahas di artikel ini, pendanaan bisa dapet dari macam-macam cara, tapi yang banyak dikeluhkan, kita enggak pernah nemu orang-orang tersebut. 

Sebenernya kita bisa aja dateng ke acara-acara dan ber-networking, bahkan bisa lebih beruntung kalo di acara tersebut ada sesi speed dating nya, yang di mana kita bisa berkenalan dengan macam-macam investor. Tapi sering kejadian, kita enggak benar-benar siap buat “ngenalin” startup kita kalau datang ke mereka. 

Emangnya apa sih speed-dating itu?

Speed-dating itu konsepnya ya kayak kita first date (kencan perdana) tapi ngomongin bisnis, ngomongin visi. Layaknya orang yang lagi PDKT, enggak cuma ngobrol face-to-face terus memandang wajahnya, tapi di situ kita juga bisa ngenalin diri, tanya-tanya, dan coba ngeliat apa orang di depan bisa cocok dengan lo.

Ilustrasi Speed Dating | Photo by: Amy Hircshi via unsplash

Gimana caranya para Founder-founder pemula bisa speed dating bisa berakhir bahagia? Ternyata, sejumlah tips yang bisa diterapin, apa aja sih? Yuk disimak!

1. Latihan, latihan, latihan

Ya namanya mau ngenalin sesuatu, baik lewat presentasi atau pitch, ada effort yang tentunya harus dilakukan, apalagi ini menyangkut bisnis yang lagi dibangun. Selalu inget, latihan bukan berarti menghafal. Jadi kuasai semua materi yang dimasukkan di presentasi. Kalau bener-bener terjun langsung dalam bisnis sih, udah enggak ada lagi alasan buat lupa data, informasi yang ada. Biasanya juga, dalam konsep speed dating kita ada spare waktu buat nunggu giliran dan bisa dimaanfatin buat mereview pitch deck yang dibawa.

2. Kenali Medan Perang

Inget, enggak cuman lo seorang yang ngikut speed dating, ada banyak juga startup-startup mungkin yang lebih keren dari lo. Ketahui orang-orang yang akan lu temui, apa background-nya?, venture dia sedang mencari startup apa aja?, startup-startup apa aja yang udah partneran sama dia? Pokoknya riset, jangan sampe lo udah kalah sebelum berperang.

3. Jangan Banyak Omong

Lah kok namanya speed dating, tapi kita enggak boleh banyak omong? Tenang dulu, banyak omong di sini ini maksudnya, lo enggak ngasih waktu buat pertanyaan dan berinteraksi sama orang yang ada di depan lo. Investor itu udah ratusan bahkan ribuan kali, ketemu orang-orang dengan berbagai rupa dan kata, jadi enggak usah merasa “paling oke” ya. 

Terus, yang kita semua tau, untuk membina sebuah hubungan tentu perlu adanya interaksi kan? Jadi jangan cuma ceritain maunya lo aja, ajang speed-dating ini harus dimanfaatin dengan meminta feedback. Tentunya feedback ini memperkaya perspektif, karena investor itu punya kacamata sendiri dalam menilai bisnis.  Feedback-feedback ini pastinya berguna buat diri lo di pertemuan-pertemuan serupa di masa depan.

Nah, kalo udah ngerti caranya, di mana nih kesempatan untuk bisa speed-dating?

Tenang, enggak usah khawatir! Ada acara yang enggak boleh dilewatin di penghujung tahun ini! Yaitu Indonesia Innovation Forum 2019. Acara ini merupakan kolaborasi dari Mandiri Capital dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ngumpulin para-para founder startup di sini. Di sini banyak program dan aktivitas yang bisa lo ikutin, kayak pameran startup di area Innovation Valley, belajar dengan founder lainnya di Scale Studios, tanya jawab langsung dengan para stakeholders di industri startup, dan pastinya Speed dating langsung dengan Mandiri Capital

Siap-siap ke Indonesia Innvovation Forum!

Dalam acara ini, sejumlah menteri juga dijadwalkan hadir, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kemudian Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim serta Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro.

Keren-keren kan? Ayo daftar langsung aja ke bit.ly/InnovationForum2019-GA

Semoga speed-dating yang akan lo lakuin happy ending ya!