Story

Sheila Rooswitha, Bercerita Dengan Sederhana Lewat Komik

#popcon2015 adalah rangkaian artikel Ziliun selama bulan Juni mengenai profil kreator pilihan dalam rangka menyambut Popcon (Popular Culture Convention) Asia 2015. Festival komik, film, mainan, dan animasi terbesar di Asia ini akan diselenggarakan di Jakarta, 7-9 Agustus 2015. Rangkaian profil ini juga dimuat oleh majalah Marketeers edisi Juli 2015.

Selain menulis, banyak medium yang bisa digunakan untuk bercerita. Salah satunya dengan komik seperti yang dilakukan komikus sekaligus ilustrator kenamaan dari Fabula Agency, Sheila Rooswitha.

Image credit: thejakartapost.com

Sheila kecil yang punya hobi menggambar, mulai jatuh cinta pada komik sejak membaca serial komik Eropa, seperti Tintin. Dari situ, Sheila kecil senang meniru gambar dari komik yang ia sering baca, dan mulai bermimpi menjadi komikus. Akhirnya, ketika ingin memasuki bangku kuliah, Sheila memilih jurusan desain yang dekat dengan aktivitas menggambar untuk terus mengasah kemampuan menggambarnya.

Keseriusannya pun membuahkan hasil manis. Ia berhasil mengeluarkan komik pertamanya berjudul Cerita Si Lala. Komiknya mendapat respon baik dari pembaca. Alasannnya, karena komik tersebut dirasa sangat related dengan kehidupan pembaca sehari-hari.

Baca juga: Kreavi, Mengapresiasi Kreator Visual Lokal untuk Berkarya

Sheila yang selain gemar menggambar, juga senang bercerita. Dalam Cerita Si Lala, Sheila menuangkan cerita hidupnya dalam komik. Dalam Cerita si Lala, Sheila pernah menceritakan pengalamannya bersama keluarga melakukan road trip ke Jawa Timur, mulai dari cerita melewati jalur Pantura yang rusak sampai ke cerita tentang tempat-tempat wisata yang mereka kunjungi. Siapa sangka, cerita khas Indonesia tersebut masuk ke dalam antologi komik dari Asia Tenggara berjudul Liquid City!

Tak cuma itu, Sheila juga membuat komik slice of life tentang kehidupannya bersama keluarga kecilnya yang dimuat di laman Facebook Sheila’s Playground. Penceritaannya yang natural memikat hati para pembaca. Hal itu yang menjadi ciri khas komik-komik buatan Sheila.

Image credit: sheilasplayground.wordpress.com

Sheila senang karena komik yang ia buat diterima oleh pembaca. Walaupun banyak tantangan yang dihadapi komikus di Indonesia, Sheila tetap cinta pada komik dan justru tertantang untuk terus memajukan komik Indonesia agar tidak kalah dari komik luar.

Baca juga: Layaria, Rumah Bagi Kreator Video Online Indonesia

Header image credit: ajr.org