Uncategorized

SFpark, Inovasi Smart Parking di San Fransisco

Kalau pas weekend lo sering nyetir ke mal-mal yang rame banget kayak PIM atau GI, pasti pernah ngerasain gimana susahnya cari parkir. Kerasa gak sih, parkir di Jakarta makin mahal tapi nyari tempatnya makin susah?

Masalah kayak gini gak cuma terjadi di ibukota kita aja, tapi juga di kota-kota lain termasuk San Fransisco (SF). Ternyata, di SF, pemerintahnya lagi ngembangin inovasi smart parking yang diberi nama SFpark.

Konsepnya SFpark sebenarnya sederhana. Karena semua orang pasti mau parkir di tempat yang paling strategis, SFpark berusaha menarik orang-orang supaya mau parkir di tempat-tempat yang underused atau jarang digunakan. Caranya? Dengan menerapkan sistem dynamic pricing.

Baca juga: Moonshot Thinking: Menyasar 10 Kali Lipat Kesuksesan, Bukan 10% Peningkatan

Jelasnya, coba lihat video intro-nya SFpark ini.

 

 

Introduction to SFpark. Ngiler? 🙂

Teknologi yang diterapkan SFpark memungkinkan pengukuran demand suatu tempat parkir secara periodik. Jadi, saat jumlah orang yang mau parkir di garasi parkir tertentu sedang banyak-banyaknya, biaya parkir akan naik. Sebaliknya, garasi parkir yang kurang diminati di waktu tertentu akan berharga lebih murah, sehingga menjadi insentif bagi orang untuk parkir di sana.

SFpark ini gak cuma menguntungkan pengendara mobil, tapi juga banyak stakeholder lain seperti business owner. Mengapa? Karena dengan meratanya jumlah orang yang parkir di semua tempat, bisnis-bisnis yang berada di lokasi kurang strategis bisa mendapatkan lebih banyak konsumen.

Selain itu, untuk mempermudah pengendara mencari tempat parkir, SFpark juga mengeluarkan sebuah mobile application yang berisi peta informasi parkir beserta informasi pricing-nya. Pembayaran parkir juga gak harus pakai cash, tapi juga bisa dengan kartu kredit dan kartu debit.

Baca juga: Apatisme Politik Udah Basi, Saatnya Anak Muda Lebih Peduli

Inisiatif dari San Fransisco Municipal Transportation Agency (SFMTA) ini telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk Harvard Kennedy School’s Top 25 Innovations in Government 2013 dan Sustainia100 Top 10 Innovations in “Cities” category 2013. Pilot dari SFpark sendiri sudah dites di lebih dari 19.000 parking space di San Fransisco.

Dari SFpark ini, diharapkan warga San Fransisco bisa circle less and live more. They are one step further to become a smarter city. Kapan ya Indonesia bisa nyusul?

Baca juga: Belajar Mendengar dengan Social Media

Header image credit: hometowndisposal.com