Story

Berkreasi ala Koi di Tengah Krisis Covid-19 

Di #SENYAWATALKSLIVE EPISODE 2, kita ngobrol bareng Koi nih, Content Creator Sepulang Sekolah di Instagram dan serial Webtoon. Kali ini kita ngebahas gimana naik turunnya dunia perkontenan karena krisis Covid-19. Bagi yang ga mantengin live Instagram-nya, jangan khawatir, nih ada rangkumannya, spesyel buat kalian semua…..

Yukkk…..disimak!

Hallo, Koi! Sebelum ke topik inti, kenalin dong, lu itu siapa dan ngapain? Hahaha barangkali ada yang belum kenal..

Gue Koi, content creator Sepulang Sekolah, nah di channel ini, gue tuh pengen ngasih konten edukasi tapi kemasannya tuh menarik gitu lho. Gue pengennya di tengah-tengah konten di Indonesia yang banyak prank, atau apalah, inilah….ada konten gue yang bisa ngasih manfaat ke banyak orang. Di konten gue, gue ngegambarin kehidupan anak-anak SMA banget deh pokoknya, mulai dari persahabatan sampe ke percintaan hahahaha. Sama satu lagi, biar orang-orang gampang kalo mau ngapal pelajaran, gue jadiin lagu gitu. Oh ya, gue juga collab bareng Kok Bisa, ayomikir, sama nous.id nih buat mencerdaskan anak bangsa… hahaha!

Kenapa konten edukasi yang lu pilih?

Gue pengen menebar optimisme, cuy. Gue pengen makin banyak orang jadi pinter karena konten di Sepulang Sekolah. Maksud gue, kalo lu bikin konten asal-asalan, orang yang nonton juga yaudah, trus apa abis nonton? Gak ada yang bisa didapetin dan gue gak mau gitu….sekarang gue lagi bangun idealisme itu di konten yang gue kasih ke orang-orang, ya walau ada aja tantangannya tapi gak apa-apa, gue menikmati prosesnya sih…..

Kalo lagi krisis Covid-19 gini, ceritain dong gimana pengaruhnya ke kerjaan lu?

Pasti pengaruh banget lah, nih kan gue ama anak-anak, kalo syuting tuh di kudu di luar, tapi kan musti physical distancing, gimana gue sama yang lain syuting. Akhirnya mau gamau, gue mesti reschedule jadwal upload. Tapi gue gak boleh diem juga sih, gue akhirnya ngide  bikin konten baru, namanya Learning by Googling. Sama gue juga maksimalin buat konten di Webtoon sama bikin kompilasi bulan puasa. 

Trus tanggapan lu sama situasi kayak sekarang dengan dunia perkontenan ini gimana?

Kalo dari gue sih ya, justru lagi di situasi kayak gini, gue harus lebih kreatif, dalam artian orang-orang harus bisa bikin inovasi gitu lho, karena mau gimana, kita gak tau ini pandemik kapan kelarnya. Nih menurut gue juga, karena segalanya dikerjain di rumah, jadi seharusnya sih ada peluang bisa lebih cepet ngebikin kontennya. Intinya harus ada niat dulu dan mau mikir, trus eksekusi tuh kontennya. Mau salah juga gak apa-apa, nanti dari sana lu bisa explore apa yang mesti lu perbaiki buat kedepannya. Talk less, do more

Gimana? Jadi ngangguk-ngangguk sambil baca rangkuman diatas? Bagus! Setuju banget sama apa yang dibilang ama Koi, kalo kebanyakan mikir, kapan ada hasilnya, ya sih harus bikin konsep biar ga sembarangan prosesnya, tapi jangan lama-lama juga, tar keburu ga dapet hype nya lagi hahahaha. 

Guys, jangan lupa pantengin akun Instagram Ziliun, karena disana bakal ada update tentang jadwal dan narasumber #SENYAWATALKSLIVE yang pastinya bisa ngasih kamu insight baru, apalagi di masa-masa kayak sekarang. Plus ikuti terus perkembangan industri kreatif dan dunia startup hanya di Ziliun.com!


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar