Insight

Sengatan Semangat dari Mountain View (1)

Andreas Senjaya, CEO Badr Interactive, beberapa waktu lalu berangkat ke San Fransisco untuk mengikuti program inkubasi dan akselerasi 500accelerator yang diselenggarakan oleh 500startups. iGrow, salah satu startup dari Badr Interactive termasuk dalam 52 startup terpilih dari seluruh dunia untuk mengikuti program tersebut selama 4 hingga 5 bulan ke depan.

Perjalanan Andreas Senjaya di San Fransisco tentunya punya banyak ilmu dan pengalaman yang bisa dipelajari. Oleh karena itu, Ziliun akan berbagi tulisan dari Mas Jay selama ia mengikuti program 500accelerator ini. Untuk apa? Berbagi ilmu dan pengalaman, supaya kamu juga bisa ikut belajar apa yang Mas Jay dapatkan di program ini.

Kemarin saya bersama sebagian besar dari peserta program akselerasi bisnis 500 Startup angkatan 16 berkunjung ke kantor 500 startup di Mountain View. Kantor ini adalah tempat diadakannya program akselerasi bisnis angkatan 15 yang telah dimulai 4 bulan lalu.

Kemarin adalah preview day, hari dimana mereka melakukan latihan dan simulasi persiapan untuk puncak dari program akselerasi bisnis ini, Demo Day.

Demo Day adalah hari kelulusan bagi peserta program akselerator bisnis, dimana mereka mempresentasikan presentasi bisnis final mereka kepada para investor. Itu adalah hari puncak dari inkubasi intensif selama periode 4 bulan ini dimana seorang entrepreneur diekspektasikan sudah jauh lebih matang dan berkembang dalam menjalankan bisnisnya.

Walaupun hari ini masih hari simulasi, tapi suasana acaranya dibuat seserius mungkin, tidak heran yang hadir menyaksikan preview day ini banyak sekali, termasuk para investor dan para entrepreneur lainnya.

Saya harus bersyukur karena memutuskan untuk ikut menyaksikan preview day ini karena mendapatkan sengatan semangat yang luar biasa dari acara ini. Sengatan semangat dari Mountain View ini membuat saya ingin lebih lagi mengeluarkan performa terbaik selama program akselerasi bisnis ke depan. Sengatannya pun jauh lebih dasyat dari ketika saya mendengarkan satu per satu presentasi bisnis rekan-rekan satu angkatan saya di awal program.

Baca juga: Andreas Senjaya: Bermanfaat Melalui Teknologi

dav
preview day Batch 15, 500 Startups

Mereka Bicara Tentang Traction dan Growth

Hal pertama yang membuat saya berdecak kagum pada sebagian besar startup yang presentasi di preview day ini adalah bagaimana mereka bisa mencapai traction dan growth yang luar biasa. Kalau saya jadi salah satu investor yang hadir di acara tersebut sepertinya sudah tidak ada keraguan lagi bagi saya untuk menginvestasikan dana saya di salah satu startup yang telah menampilkan traction dan growth yang sangat baik dalam kurun waktu singkat.

Hampir semua startup yang mempresentasikan bisnisnya di preview day kemarin menampilkan traction yang luar biasa dari parameter revenue, profit, atau parameter-parameter substansial sesuai bisnis mereka masing-masing.

Ada yang dalam waktu 1 tahun setelah launching sudah bisa memperoleh gross revenue Rp 53 milyar dengan 30% nya adalah gross profit, ada yang sebulannya mereka dapat Rp 14 milyar dengan 60% gross profit, dan angkat-angka fantastis lainnya.

Baca juga: Sudah Benarkah Cara Kita Mengukur Kinerja Startup?

Traction mungkin menggambarkan kinerja bisnis mereka saat ini, tapi tidak hanya itu, mereka juga bisa menunjukkan growth bisnis mereka dengan sangat baik. Rata-rata sebagian besar dari mereka punya Month over Month Growth lebih dari 30%. Ini berarti tiap bulan bisnis mereka bertumbuh minimal 30% atau dalam 1 tahun minimal bisnis mereka diprediksi tumbuh di atas 360%!

Angka-angka yang ditunjukkan mereka tentu saja bukan hanya olahan statistik belaka sehingga terlihat bagus, karena traction dan growth ini merepresentasikan bagaimana seorang entrepreneur menjalankan bisnisnya.

Bagaimana cara mereka mendapatkan angka-angka fantasis dengan pertumbuhan luar biasa tersebut? Angka-angka di traction tersebut jelas adalah hasil kerja mereka membesarkan startup-nya, yang juga merupakan kumulasi dari banyak dan beratnya proses yang telah mereka jalani selama ini.

Sudah bukan jamannya lagi kita presentasi bisnis kita hanya bermodal ide dan rencana bisnis, mari kita konkret, jalani proses, lalu baru kita bisa tunjukkan traction dan growth bisnis kita yang juga representasi dari proses dan ikhtiar yang kita jalani.

Baca juga: Memulai Strategi Email Marketing untuk Startup

sdr
Audience 500 Startups Batch 15 Preview Day

Baca juga: Sengatan Semangat dari Mountain View (1)


Artikel ini ditulis oleh Andreas Senjaya dan sebelumnya dipublish di sini