Insight

Sebelum Ada Barter, Ternyata Manusia Dulu Saling Berhutang

Seperti yang kita pernah bahas di artikel ini, uang itu somehow bikin manusia jadi lupa sama sifat alaminya sebagai makhluk sosial, yang melakukan barter untuk membantu orang lain sekaligus memuaskan kebutuhan sendiri.

Nah, ternyata ada fakta menarik baru yang kita temukan, kalau sistem barter itu bukan sistem pertukaran pertama yang dikenal manusia. Ternyata, di beberapa kelompok masyarakat, sistem barter tidak dikenal. Justru, yang ada adalah sistem berhutang!

Hutang gimana? Ya, misalnya, kita pakai lagi contoh Arthur dan Lancelot seperti di artikel sebelumnya. Misalnya Arthur punya pakaian dan butuh beras. Lancelot punya beras, yang bisa dikasih ke Arthur, tapi Lancelot gak butuh pakaian dan Arthur juga gak bisa kasih pakaiannya, meaning mereka gak bisa barter, kan?

Ya jadinya dengan sistem hutang, Lancelot kasih aja beras ke Arthur. Arthur gak perlu kasih apa-apa, tapi Arthur inget kalau Lancelot udah berjasa ke dia dan Arthur owes something to Lancelot.

Err.. di society sekarang, kayaknya hal itu sulit terjadi ya. Boro-boro bayar hutang, kadang aja kita suka lupa (atau sengaja melupakan) hutang kita ke orang, karena mikirnya, ya elah uangnya gak seberapa, toh temen gue kaya (ini sih gue kayak gini).

Intinya apa? Ya intinya, jangan berbangga hati mikir masyarakat zaman lo sekarang lebih civilized, buktinya masyarakat dulu bisa hidup bersama tanpa medium pertukaran berapa uang. Berarti masyarakat zaman dulu lebih punya etika dalam bermasyarakat xD

Baca juga: Dari Barter ke Uang: Why Working for Money Won’t Make us Happy

Header image credit: reddit.com