Opinion

Saya Tidak Memerangi Apa pun

stock-illustration-22977762-social-movement
Image credit: www.istockphoto.com

Ada ungkapan, daripada mengejar kupu-kupu dengan jaring, lebih baik membuat taman yang nanti akan didatangi ribuan kupu-kupu.

Hidup itu tergantung sudut pandang. Sudut pandang menentukan caranya.

Di dunia ini banyak sekali gerakan atau ajakan memerangi apa pun.

Mulai dari memerangi terorisme, kemiskinan, korupsi, kapitalisme, rokok, narkoba, miras, kebodohan, dan sebagainya.

Maaf, saya tidak bergabung dengan gerakan-gerakan memerangi tersebut.

Baca juga: Tidak Perlu Tahu Semuanya Untuk Berbagi Ilmu

Saya tidak bergabung dengan gerakan memerangi terorisme. Tapi saya akan bergabung di gerakan menciptakan perdamaian dunia, gerakan saling pemahaman antar bangsa/etnis/agama.

Saya tidak akan bergabung di gerakan memerangi kemiskinan. Saya lebih suka mendukung gerakan kemandirian masyarakat, gerakan kewirausahaan yang tercerahkan (enlightened entrepreneur), gerakan memajukan ekonomi rakyat dan sejenisnya.

Baca juga: Wahai Pemuda! Mana Langkah Konkretnya?

Maaf, saya tidak akan tertarik bergabung gerakan memerangi korupsi. Tapi saya akan dengan antusias mendukung gerakan hidup sederhana. Sebab dengan gaya hidup sederhana dan merasa cukup, syahwat untuk korupsi itu akan menguap.

Saya juga akan minta maaf kepada teman yang mengajak saya untuk ikut memerangi narkoba, rokok atau miras. Tapi saya akan meminta gabung jika ada gerakan yang mengajak kepada gaya hidup sehat dengan makan makanan sehat jasmani rohani dan olah raga yang otomatis akibatnya akan menekan godaan merokok, narkoba dan menjejali kerongkongan dengan air panas (miras).

Mau gabung dengan gerakan saya?

Baca juga: Yang Muda, Yang Cekatan?

Image header credit: 350sav.fotomaps.ru