Insight

Modal Terbesar Seorang Startup Founder: Passion, Problem, and Hard Work

Membangun sebuah startup tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kalau kamu adalah startup founder yang baru memulai, banyak hal yang kalian harus urus seperti mencari partner, validasi pasar, dan sebagainya. Namun salah satu hal yang paling penting untuk diurus adalah modal. Tanpa adanya modal, maka startup kalian tidak akan jalan.

Namun kita harus sadar, modal bukanlah segalanya. Dalam menjalan startup yang kita perlu lakukan adalah mempunyai beberapa “bahan” yang merupakan modal pertama seorang founder dalam membangun startup.

Niat yang Kuat

Ketika kamu ingin mengembangkan sebuah startup tentunya niat adalah hal yang sangat penting untuk dibangun terlebih dahulu. Mengembangkan startup penuh dengan lika-liku dan banyak melewati tantangan. Agar startup tersebut bisa selamat, maka startup tersebut perlu bertahan lama. Ketahanan itu berasal dari founder nya sendiri.

Melakukan Perencanaan

Tahap perencanaan dan mematangkan konsep startup kamu merupakan bagian penting dalam membangun sebuah startup. Perencanaan ini juga termasuk langkah antisipasi kamu dalam mengatasi masalah yang kemungkinan terjadi. Dengan membuat rencana maka founder bisa mempunyai pegangan dalam menjalankan startup dan investor juga bisa membuat keputusan dari rencana kamu.

Passion dan Menghadapi Problem

Kamu harus menemukan passion terlebih dahulu dan menyesuaikan pilihan startup yang akan dijalankan dengan passion tersebut.  Bekerja dalam passion akan membuat kamu merasa jauh lebih nyaman dan kuat dan menghadapi berbagai masalah. Semakin banyak problem yang akan menerpa sepanjang karir startup kamu maka akan semakin banyak hal yang menjadi pembelajaran bagi kamu.

Mengembangkan Kreativitas

Dalam pengembangan startup tentu akan ada persaingan yang cukup ketat apalagi di zaman sekarang. Maka kamu harus berfikir kreatif untuk bisa menyuguhkan ide baru yang menarik orang lain. Dengan begitu kreativitas juga bisa digunakan untuk meningkatkan profit kamu dan mempertahankan startup di tengah persaingan ketat saat ini. startup kamu juga harus terus berkembang seiring dengan perkembangan waktu sehingga kreativitas kamu harus terus berjalan.

Modal dalam menjalankan startup tidak hanya terikat oleh uang dan aset. Passion, Problem, dan kreativitas merupakan modal pertama yang bisa langsung dipakai oleh para founder agar bisa memulai sebuah startup. Jadi sebagai seorang founder temukanlah passion, problem, dan jawablah problem tersebut dengan kreativitas. Dengan ini, maka kamu bisa membangun sebuah startup yang sukses.