Insight

Kenapa Mobile Gamer merupakan target market untuk Brand Kamu?

Kenapa Mobile Gamer merupakan target market untuk Brand Kamu!

Kamu pasti udah gak asing lagi sama nama-nama seperti Mobile Legend, Candy Crush, PUBG, dan sejenisnya. Kalau kamu sudah pernah bermain game di smartphone pasti kamu sering mendengar game-game ini!

Game-game seperti ini banyak dimainkan oleh gamer di seluruh dunia. Judul-judul di atas selalu mempunyai jutaan pemain yang memainkan game-nya secara bersamaan. Gak peduli waktu makan, nonton, ataupun waktu tidur. Bahkan saking seringnya orang-orang bermain, game smartphone hampir menjadi barang-barang candu.

Kalo dipikir lagi “untuk apa kita bicarain tentang gamer? Apakah mereka pasar yang menarik? Bukannya mereka lebih sibuk bermain game daripada memperhatikan dunia sekelilingnya? Emang kita bisa jualan ke pasar gamer?” Nah itu lah yang ingin dibicarakan sekarang. Pasar gamer bukan hanya pasar yang sangat besar tapi mereka bisa jadi pasar yang ideal buat startup, bisnis, dan brand kamu.

Let us explain.

Riset pasar gamer: behaviour dan Influence

Berdasarkan riset dari Newzoo dan Blizzard, 67% Mobile gamer mempunyai kecenderungan untuk membeli dari iklan atau promosi dari game yang mereka mainkan dibandingkan 57% responden non-gamer. Mereka juga lebih mudah untuk mengadopsi brand values yang dimiliki oleh brand ketimbang non-gamer. Menurut responden mobile gamer, mereka rela untuk membeli barang dari iklan jika tertarik dengan brand value mereka.

Pasar gamer juga mempunyai representasi pasar yang bagus. Pasar mobile gamer bisa dibagi menjadi laki-laki dan perempuan dengan representasi 50.50 yang berkorelasi dengan populasi dunia yang terbagi antara laki-laki dan perempuan secara 50.50. Memang jika dilihat lebih detail, maka banyak variasi dari segmen di antara tipe-tipe game (seperti laki-laki yang lebih menyukai game FPS atau tembak-tembakan, dan perempuan yang lebih menyukai puzzle game). Tapi ini justru menjadi keuntungan karena promosi yang kalian ingin berikan bisa dibagi ke dalam game yang tersegmentasi!

Baca juga: Pokémon Trainers Sedunia Udah Ngabisin Duit 34 Triliun Rupiah!

Selain itu, mobile gamer juga lebih mungkin untuk mempengaruhi keluarga dan orang-orang terdekat mereka untuk membeli sesuatu ketimbang non-gamer. Kebanyakan mobile gamer yang sudah terpapar iklan dari game akan cenderung mempengaruhi orang-orang terdekat mereka untuk membeli.

Kenapa bisa mobile gamer sangat responsif terhadap iklan? Ini disebabkan karena mobile gamer melihat promosi dan advertising sebagai sumber informasi. Mereka menggunakan iklan sebagai alat untuk mengetahui dan mengupdate kondisi dunia sekarang. Karena fokus mereka berputar pada mobile game, maka mereka mendapatkan “berita” dari iklan dan promosi.

Karena itu, mobile game bisa menjadi tempat untuk pemilik bisnis, brand, dan startup untuk memasarkan produk dan jasa. Pengaruh mobile game sangatlah besar terhadap buying psychology dari penggunanya. Jadi di masa depan, mobile game jelas akan menjadi pengaruh yang sangat besar untuk dunia bisnis. Oleh karena itu kalian bisa bergerak sekarang untuk mendapatkan first mover advantage agar bisa mendapatkan pasar yang sangat menguntungkan. Pasar Mobile Gamer!

Sumber: Pocketgamer.biz