Featured

Mimpi Anak Pemulung

Memang tidak salah juga jika semua anak muda negeri ini bercita-cita menjadi pengepul maupun supir taksi. Tapi saya selalu percaya bahwa hidup adalah pilihan.

Seorang teman menceritakan tentang arti memberi wawasan kepada orang kurang berwawasan, atau yang wawasannya kurang. Ini adalah tentang pentingnya memiliki wawasan yang luas, yang bisa mengubah hidup seseorang.

Teman saya ini menjelaskan maksudnya dengan sebuah analogi. Sebutlah ada seorang anak bernama Joni, yang memiliki ayah seorang pemulung. Setiap hari Joni mengikuti ayahnya berkeliling mengumpulkan botol plastik yang kiranya bisa dijual kiloan ke pengepul.

Read more: Jangan Terlalu Gampang Kagum

Ketika ditanya apa cita-citanya, Joni menjawab dia mau menjadi pengepul. Alasannya sederhana. Setiap hari dia melihat ayahnya bekerja keras sepanjang hari, dan selalu diakhiri dengan penyetoran botol plastik hasil buruan hari itu ke bos pengepul.

Menjadi seorang pengepul adalah sebuah mimpi yang diidam-idamkan Joni. Tidak perlu bersusah-payah mengumpulkan botol plastik, justru tinggal santai menunggu para pemulung melapor tiap hari.

Image credit: 4.bp.blogspot.com

Read more: Are Entrepreneurs Born or Made?

Ketika ditanyakan lagi apakah Joni memiliki mimpi yang jauh lebih besar, dia menjawab “supir taksi”. Bagi seorang anak pemulung seperti Joni, menjadi supir taksi adalah sangat menyenangkan. Tiap hari bisa berkeliling kota menggunakan mobil ber-AC dingin. Serta mendapatkan uang pula!

Hidup mungkin begitu sederhana bagi Joni. Mungkin Joni begitu berbahagia menjalani hidupnya nanti, sebagai seorang pengepul maupun supir taksi. Memang tidak ada yang salah dengan cerita ini.

Memang tidak salah juga jika semua anak muda negeri ini bercita-cita menjadi pengepul maupun supir taksi. Tapi saya selalu percaya bahwa hidup adalah pilihan. Bahwa kita bisa memilih untuk menjalani hidup yang lebih baik setiap hari. Bahkan kita juga bisa memilih untuk menjalani hidup penuh arti dan menjadi manfaat bagi orang lain.

Read more: Kenapa Bodoh Itu Mesti Dipiara

Ini semua bisa terjadi, jika kita memiliki wawasan yang luas. Kita bisa menjalani hidup yang lebih baik dengan mulai berpikir mau hidup yang lebih baik. Wawasan luas bisa didapatkan di antaranya dengan berinteraksi dengan orang baru, membaca buku, bertanya kepada orang lain yang lebih berpengalaman, mencoba hal baru yang positif, hingga menjelajahi daerah baru.

Indonesia akan menjadi lebih baik jika anak muda negeri ini berwawasan luas, bermimpi besar, berperilaku santun, mau bertanggung jawab dan bekerja keras. Atau mungkin kalian lebih senang melihat makin banyak pemulung dan pengepul?

Read more: Menjadi Lebih Bermakna

Header image credit: gratisography.com