Insight

Cara Merapikan Ide Agar Tidak Tercecer

Ide bisa menjadi sesuatu yang sangat berharga dan terkadang bisa datang kapan saja ketika sesuatu menginspirasi kamu. Banyak orang yang memiliki ide bagus dan berpotensi mengembangkannya secara optimal, tetapi tidak mendokumentasikannya dengan baik sehingga akhirnya terlupa atau bahkan kehilangan potensinya. Maka dari itu kamu perlu mengetahui cara-cara tepat untuk bisa mengumpulkan ide sebaik mungkin agar tidak tercecer dan akhirnya dilupakan.

Langsung tulis

Ketika kamu mendapatkan sebuah ide, cobalah langsung menuliskannya tanpa tanpa struktur atau pemikiran yang lebih jauh. Tentu saja tulisan kamu akan kurang terorganisir, namun metode ini bertujuan untuk mendokumentasikan apa yang ada dipikirkan semaksimal mungkin. Apakah ide tersebut bisa berkembang menjadi hal yang lebih konkret merupakan langkah selanjutnya. Seperti layaknya doodle dalam proses melukis, proses menulis ide dalam bentuk mentah adalah dasar penting bagi perkembangan ide menjadi rencana nyata.

Selalu Membaca Buku Catatan

Mencatat memang masih menjadi salah satu kegiatan yang lebih dipilih banyak orang karena membuat otaknya bekerja jauh lebih maksimal dan bisa menuangkan segala isi pikirannya. Ide bisa datang kapanpun dan dimanapun maka kamu perlu memastikan bahwa buku catatan ini selalu ada di dalam kendaraan atau tas kamu, sehingga saat ide itu muncul bisa segera tercatat dengan baik.

Kumpulkan idemu

Kamu bisa menggunakan berbagai macam media untuk bisa mengumpulkan ide-ide yang mungkin jumlahnya terlalu banyak. Pemilihan media yang akan digunakan bergantung pada kenyamanan kamu masing-masing, misalnya kamu lebih nyaman menulis di buku catatan khusus atau menggunakan aplikasi note di dalam smartphone. Dengan mengutamakan kenyamanan dirimu menggunakan media ini, kamu akan lebih mudah menemukan ide tersebut ketika dibutuhkan nantinya.

Kertas dan alat tulis di meja kerja

Mungkin kamu memiliki meja kerja khusus atau meja favorit untuk berpikir dan melakukan berbagai hal. Maka pastikan di sana selalu tersedia kertas dan alat tulis untuk memudahkan kamu dalam mendokumentasikan berbagai hal yang butuh dicatat ketika ide bermunculan. Bisa juga kamu menyediakannya di tas atau kantong, sehingga kertas tersebut akan menjadi media sementara untuk mencatat sebelum kamu nantinya akan menyalin di buku catatan khusus agar terkumpul dan lebih rapi.

Kembangkan ide-idemu

Setelah semua ide tercatat maka kamu bisa mulai membacanya kembali dan mempertimbangkan berbagai hal yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan. Dengan begitu akan lebih mudah bagi kamu untuk memilah ide-ide tersebut menjadi sesuatu yang lebih mengerucut. Merencanakan aksi yang akan dilakukan berdasarkan pengembangan ide-idemu adalah hal yang sangat penting untuk mengubah ide menjadi sesuatu yang nyata.

Jangan biarkan Ide yang sudah tercatat dan dipertimbangkan dengan baik hanya menjadi sebuah catatan tanpa adanya aksi atau usaha untuk menjadikannya sebuah kenyataan. Tentunya ide nyata tersebut akan sangat menguntungkan bagi kamu kedepannya, tapi eksekusi ide adalah sesuatu yang lebih penting dari sekedar rencana, karena akan membuktikan apakah ide tersebut bisa memberi manfaat di dunia nyata.

 

Referensi: Lifehack