Insight

Cara Mudah Menjelaskan Idemu ke Orang Lain

Dalam pitching, kamu sebagai seorang startup founder pasti ingin menjadi orang yang menyampaikan ide startupmu kepada investor. Namun kenyataannya, tidak semua founder bisa menjual idenya kepada investor, tidak semua founder bisa mencari partner untuk membangun startup-nya. Dalam menyampaikan ide, sudah jelas tidak banyak orang yang bisa menyampaikan ide mereka dengan natural.

Memang tidak semua orang dapat dengan mudah menyampaikan idenya dengan baik kepada orang lain dan membuat mereka memahaminya. Maka dari itu, kamu perlu memahami dengan tepat bagaimana cara yang baik dalam menyampaikan ide atau pendapat secara tepat, tidak berbelit-belit agar orang lain bisa secara langsung memahami kelebihan dari ide yang kamu sampaikan secara efektif.

Pahami Idemu Dengan Baik

Sebelum kamu menyampaikan sebuah ide, maka kamu harus mempelajari ide tersebut dengan baik dengan sumber yang jelas. Untuk itu kamu harus belajar mengenai pengetahuan, pengertian dan bagaimana ide tersebut diimplementasikan dengan cara yang tepat.

Membuat Ide Menjadi Lebih Detail

Setelah mempelajari ide tersebut, maka kamu perlu membuat kata-kata yang lebih mudah untuk membuat ide tersebut menjadi lebih ringkas dan detail. Perlu dipertimbangkan bagaimana menggunakan kata-kata yang tepat dan rinci untuk bisa menjelaskan ide tersebut sesuai dengan persepsi orang yang ingin kamu sampaikan. Rincian ini harus menyampaikan ide yang bisa membuat orang tersebut paham.

Memberikan Contoh yang Nyata

Untuk bisa memberikan gambaran yang mudah untuk dibayangkan orang lain tentunya kamu perlu memberikan contoh tepat untuk ide yang ingin disampaikan. Kamu bisa mengambil contoh dari kehidupan sehari-hari tetapi pilih yang memang dapat memberikan gambaran secara maksimal dan menunjukkan kelebihan dari konsep ide yang akan disampaikan nantinya.

Membuat Ilustrasi

Dalam mengilustrasikan ide yang dimiliki kamu bisa menggunakan visualisasi berupa gambar atau video untuk menganalogikannya. Ilustrasi ini dapat disesuaikan dengan kreativitas kamu masing-masing selama idenya tersampaikan dengan jelas.

Kesimpulan

Dalam menyampaikan sebuah ide, hal yang utama adalah bagaimana membuat orang lain mengerti dan memahaminya secara keseluruhan. Maka kamu harus memilah dengan baik setiap kata dan kalimat yang akan digunakan agar tidak terlalu rumit untuk dipahami. Menyampaikan ide dengan lebih santai namun berisikan informasi penting tentu akan lebih mudah diterima dibandingkan kamu terlalu menggunakan kata-kata yang berat dalam proses penyampaiannya.

Berbagai macam ide yang kamu miliki juga bisa disampaikan menggunakan prototipe apalagi jika memang ide tersebut memiliki wujud secara fisik. Hal ini akan lebih memudahkan kamu dalam menyampaikan sebuah ide. Kamu sebagai seorang entrepreneur tentunya kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki dan dikuasai dengan baik. kamu akan mendapatkan relasi dan mengembangkan startup semaksimal mungkin sesuai target ketika bisa dengan mudah menarik perhatian relasi dengan ide startup yang kamu miliki tentunya.

 

Referensi: Lifehack