Featured

Mengangkat Potensi Lokal Lewat Thematic Bazaar

“Setiap kota akan selalu mempunyai potensi, tetapi setiap potensi ini harus rajin digali dan diberi wadah. Semua yang diberi wadah dan kesempatan akan selalu bisa maju lebih cepat.” – Christie Erin Harsono.

Siapa bilang gencaran produk luar ngebuat produk lokal menciut? Buktinya sekarang makin banyak produk lokal yang makin dicari orang-orang. Bukan karena kampanye pemerintah yang menghimbau pakai produk lokal, tapi dari pelaku industri kreatif lokal sendiri yang semakin kreatif dan inovatif.

Seakan membawa angin segar bagi produsen lokal, akhir-akhir ini banyak bazaar lokal yang membuat masyarakat melek produk kreatif tanah air, yang juga layak dibanggakan. Uniknya selain kegiatan bazaar, Basha Market turut mengadakan workshop UKM buat pengunjung yang pengen mengasah kreativitas mereka. Bazaar lokal ini gak cuma menguntungkan untuk produsen lokal aja — sambil menyelam minum air — potensi lokal lain juga terangkat.

Seperti Basha Market yang ada di Surabaya contohnya. Thematic local bazaar ini awalnya melakukan riset mengenai event kreatif di Surabaya. Dari hasil riset mereka, terbukti bahwa potensi itu belum digarap baik, dan akhirnya muncul ide membuat event hiburan sekaligus mengangkat potensi industri kreatif juga terutama di Kota Surabaya.

Baca juga: Masa Depan Industri Kreatif Ada di Bazaar-Bazaar Lokal

“Sebagai kota dengan perekonomian kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya tentu memiliki pasar industri kreatif yang besar. Pemuda Surabaya harus bisa mendapat tempat dan diberi kesempatan untuk berkibar di industri kreatif.” ucap Erin, co-Founder Basha Market dalam suatu wawancara.

Melihat animo pengunjung Basha Market yang mencapai puluhan ribu orang, Basha Market tentunya menjadi pilihan utama masyarakat terutama arek muda Suroboyo untuk mencari hiburan dan inspirasi. Dengan traffic Basha Market yang seperti itu (dan bantuan media sosial), gak cuma produk dari Jakarta dan kota-kota lain yang bisa jualan tapi juga produk khas made in Surabaya juga dapat terangkat.

Mau lihat udah sekece apa produk lokal kita sekarang? Atau ingin ikut menggali sejauh mana kreativitas kita? Langsung aja deh datang ke Basha Arcade hari ini di Ciputra World Atrium, Surabaya!

Baca juga: Basha Arcade: Mad Lab, Udah Saatnya Go International Bukan Lagi Wacana