Insight

Ini Dia, 4 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Memasarkan Produk Startup Kamu!

Salah satu daya tarik utama suatu startup adalah produk yang dihasilkannya, karena sebuah startup memang ingin mengusung produk-produk baru yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan kemudahan. Namun memiliki produk yang luar biasa tidaklah cukup bagi suatu startup. Agar produknya dikenal luas oleh masyarakat, sebuah startup juga harus memiliki strategi marketing yang baik agar produknya dapat dikenal dan mendapatkan customer. Tak jarang, hal ini menjadi kendala bagi sebuah startup untuk melakukan pemasarannya, apalagi biaya untuk melakukan traditional marketing bisa dibilang cukup besar.

Namun jangan khawatir, kali ini Ziliun mengumpulkan beberapa strategi marketing yang dapat dilakukan oleh semua perusahaan, termasuk startup. Penasaran hal apa saja yang harus diperhatikan? Simak ulasannya berikut ini!

Referensi itu Penting

Sering minta rekomendasi suatu produk kepada teman ketika bingung harus memilih di antara dua merek? Jika kamu belum terlalu familiar akan produk yang ingin dibeli, maka rekomendasi teman berperan penting dalam membantumu menentukan pilihan.

Melihat hal ini, affiliate marketing atau marketing berdasarkan referensi dari orang lain sangatlah penting. Karena banyak orang lebih mempercayai referensi dari orang terdekatnya. Selain itu, teknik marketing ini juga tidak terlalu memakan biaya yang tinggi. Misalnya saja, kamu bisa memberikan seorang customer diskon tambahan jika ia berhasil mereferensikan orang lain untuk membeli produk mu juga, atau jika seorang customer menuliskan rekomendasi/review produk di website/ forum/ social media,  untuk pembelian berikutnya ia akan mendapatkan diskon tambahan.

Content Marketing dan SEO

Content Marketing memang menjadi pilihan banyak pelaku bisnis untuk memasarkan produknya, seperti yang disebutkan oleh Content Marketing Institute hampir 90% brand menggunakan content marketing dalam strategi marketing mereka. Memang, content yang baik tak hanya membantumu untuk mendapatkan audience engagement, namun juga dapat berfungsi untuk mengedukasi audience dan membantu kegiatan public relation dari perusahaanmu. Supaya dapat memikat audience untuk tahu lebih banyak lagi tentang produkmu, tentunya kamu harus mengemasnya dalam content yang kreatif dan unik. Video content juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menarik lebih banyak audience. Namun setelah memiliki content yang baik, tentunya juga harus didukung dengan SEO yang menunjang, sehingga content kamu lebih visible untuk banyak orang.

Social Media Marketing

Selain merupakan salah satu platform untuk memperkenalkan perusahaanmu kepada khalayak umum, social media juga dapat kamu manfaatkan untuk kegiatan marketing perusahaan. Kamu bisa membuat content yang menarik dan informatif di berbagai social media seperti Instagram, Facebook, Twitter, bahkan Linkedin. Saat ini integrasi konten antara sosial media juga dimungkinkan, sehingga dapat menghemat waktumu juga.  
Social media marketing tidak dapat berjalan secara instan. Namun saat kamu sudah memiliki audience yang cukup banyak di social media, kamu dapat mengubahnya menjadi conversion rate sesuai dengan tujuan kegiatan marketing yang dijalankan. Selain itu, saat ini kamu juga dapat beriklan di social media dengan budget yang bisa dibilang tidak terlalu besar. Pastinya hal ini juga harus kamu coba untuk memasarkan produk yang kamu ciptakan.

Press Release dan Liputan di Majalah

Tahukah kamu bahwa banyak jurnalis juga mencari berita yang dapat ia angkat? Press release terkait perusahaan dan juga produk yang kalian hasilkan sangatlah penting sehingga para jurnalis dapat mengangkatnya menjadi sebuah tulisan.

Jasa sebuah PR agency untuk mengadakan media briefing memanglah tidak murah bagi sebuah perusahaan saat awal berdiri. Jika kalian belum banyak mengenal jurnalis, tidak masalah, kamu bisa mengakalinya dengan menelpon berbagai publikasi yang ada dan menanyakan email dari jurnalis yang memegang kolom sesuai dengan kegiatan bisnismu. Kemudian kamu bisa mengirimkan press release yang telah kamu buat kepada mereka. Siapa tahu press release tersebut dapat diangkat sebagai salah satu tulisan. Untuk kamu yang ingin mendapatkan publikasi dari media internasional, kamu bisa mencoba mengirimkan press release-mu melalui website Help a Reporter Out”.

Nah, beberapa teknik marketing di atas dapat kamu coba untuk membantu memasarkan produk dan juga memperkenalkan perusahaanmu kepada khalayak umum. Yang terpenting, kamu harus tahu siapa target audience yang kamu harapkan sehingga kamu dapat memilih marketing channel yang paling tepat. Selamat mencoba!