Featured

Media Sosial: Dari Strategi Kreatif, Sampai Jadi Konten Inspiratif


Bikin konten buat postingan itu gampang, yang menantang itu bikin konten sampai orang lain tercenggang. Di era serba digital, media sosial sudah bagian dari keseharian mulai dari cerita keseruan sehari-hari, pamer hal baru, sampai sharing pengalaman yang disajikan dengan cara kreatif.

Menariknya masyarakat Indonesia suka banget bikin atau menikmati konten yang berhubungan dengan  entertainment, bahkan konten receh itu udah kayak enggak ada habisnya. Terus gimana sih caranya buat manfaatin tren yang ada belakangan ini?

Ada beberapa jawaban yang bagus yang saya dapetin ketika di SENYAWA+ di awal bulan November lalu. Ada panel seru yang khusus ngobrolin konten kreatif di media sosial, yang diisi oleh Ancilla Marcelina (Creative Strategist, Facebook), Lania Fira yang merupakan Aktris, dan orang di belakang hits museum instagrammable di Indonesia, Norine Wibowo Co-Founder dari HALUU World.

Menurut Ancilla, perkembangan behavior masyarakat indonesia terus berubah, hal ini jadi tantangan brand, content creator, sampai orang kreatif untuk menentukan format yang tepat supaya konten yang diproduksi ke notice oleh followers-nya. Serunya lagi, Ancilla yang didatangkan dari facebook langsung memberikan tips kreatif buat temen-temen yang ikutan sesi talks di SENYAWA+ agar memanfaatkan fitur instagram/facebook secara maksimal. Apa aja sih?

Ada 6 rumus storytelling dalam instastory

  1. Burst – bikin konten semacam efek mengagetkan
  2. Cuplikan – semacam bikin teaser, namun ambil poin dari pesan yang akan disampaikan
  3. quick di awal, lambat di akhir – dengan teknik slow motion mampu menarik perhatian mata orang untuk mengikuti
  4. tunjukkan hasil akhir di awal – Ini pas banget buat konten yang rumit, memberikan pancingan wujud akhir di tampilan awal.
  5. infinite loop – gunakan fitur looping untuk menarik attention orang
  6. highlight hal essential dalam konten – jika konten panjang seperti film / proses masak ambil poin penting saja.

Nah itu tips buat kamu yang mau ngeoptimalin diri kamu di social media dari Ancilla. Terus kalo udah ngelakuin itu, apalagi yang dilakukan? Saatnya kamu mencoba dan terus mencoba seperti Lania Fira aktris sekaligus konten kreator sharing bagaimana awal mula dia terjun di dunia kreatif. 

Menurut Lania kuncinya itu “Konsisten + Jujur” apapun yang kita bagikan pastinya bisa bermanfaat ke orang lain dan jangan takut dibilang jelek karena itu jadi poin pembelajaran konten kreator bikin konten yang lebih oke. “Bisa dibilang konten paling banyak respon-nya di postingan olahraga muay thai dari pada promosi iklan” – kata Lania sambil senyum, hal itu tidak lepas dari tim yang membantu proses pembuatan konten.

Banyak cara membuat konten kreatif dan unik, salah satunya pameran instalasi yang dibikin Norine Wibowo (Co-Founder, HALUU World) pas banget buat kamu bikin konten yang instagramble banget. Cerita awal Norine bikin HALUU World pengen banget melihat postingan orang-orang disekitar kita bahagia, berawal dari situlah Norine dan enam orang timnya punya ide menyulap satu area jadi pop up dalam bentuk wahana foto yang setiap area-nya ada experiment beragaman dan patut buat dicoba.

Ternyata ide awal bikin pop up instalasi supaya postingan orang lain bahagia, menjadi lahan bisnis kreatif bagi Norine. Bahkan konsep bisnis kreatif ini akan terus expand ke berbagai kota untuk merasakan experiment HALUU World.

Sederhananya, ide bikin konten kreatif bisa digali dari cerita pengalaman pribadi, teman, keluarga bahkan orang yang diluar dari jangkauan kita, adanya media sosial menjadi wadah cari inspirasi, tempat untuk berbagi dan eksplorasi hal baru hingga tercipta inovasi.