Insight

Marshmallow Challenge: Deep Lesson About the Nature of Collaboration

Apa yang pertama kali lo pikirkan ketika mendengar kata “Marshmallow Challenge”?

Ini bukan tentang marshmallow slime yang sekarang lagi kekinian itu. Tantangan Marshmallow Challenge ini kayaknya gampang, tapi sebenernya sulit. Ide ini didesain oleh Tom Wujec, seorang speaker yang video-videonya sangat inspiratif. Marshmallow Challenge harus diselesaikan oleh satu tim yang beranggotakan empat orang, dimana mereka harus membangun sebuah tower dalam waktu 18 menit menggunakan 20 stik spaghetti, perekat, tali, dan marshmallow yang akan menjadi puncak dari tower. Semua bahan-bahan ini harus dirakit jadi satu, dan yang menjadi pemenangnya adalah yang struktur tower nya dapat berdiri dengan tegap serta paling tinggi.

Baca juga: 3 Keuntungan Menghindari Kolaborasi

Para pesertanya berasal dari berbagai kalangan mulai dari CEO, pengacara, lulusan sekolah bisnis, hingga anak TK. Dan ternyata, dari beberapa kali uji coba dari Marshmallow Challenge, didapatkan fakta yang mengejutkan bahwa lulusan sekolah bisnis kalah dengan anak TK! It’s pretty amazing. Kenapa tower dari anak TK lebih tinggi dari tower lulusan sekolah bisnis? Apa rahasianya?

Dalam video ini dibeberkan pelajaran yang sangat mendalam mengenai sifat dari kolaborasi. Bagaimana kinerja dari tim satu dapat berbeda dengan tim yang lain. Semuanya tercermin dari cara mereka bekerja dalam Marshmallow Challenge ini. Jadi, langsung aja tonton videonya dan buktikan kesolidan tim lo dengan praktek bikin tower dari marshmallow, ya!

Baca juga: 3 Aturan Berkolaborasi