Insight

Di bulan Puasa Jangan Sampe Bisnis Lo Ikutan Puasa Juga!

Di negara Muslim (terutama Indonesia) bulan Ramadan diwarnai dengan banyaknya perubahan perilaku atau kebiasaan. Kalo sebelum bulan puasa biasa bangun jam 6.00 pagi, sekarang bangun musti lebih pagi lagi buat sahur. Dengan adanya perubahan perilaku ini, para perusahaan, bisnis, atau startup harus bisa menyesuaikan perubahan perilaku pasar untuk mendapatkan cuan.

Kalo lo melakukan sedikit riset (baca: buka Google) maka lo akan mendapatkan data menarik.  Menurut data Global Web Index, orang-orang Indonesia ngabisin 4 jam 20 menit setiap harinya untuk mengakses internet lewat perangkat mobile selama bulan Ramadan. Hal ini disebabkan karena perubahan waktu jam makan sehingga waktu luang menjadi lebih banyak. Dengan banyaknya orang masuk ke dalam internet, gimana nih lo bisa memanfaatkan momentum ini?

Berikut 3 cara untuk memanfaat momentum Ramadan untuk startup lo!.

Mobile Game

Di bulan Ramadan, penggunaan mobile game jelas meningkat. Sambil menunggu waktu berbuka  puasa, para pengguna smartphone ngabuburit dengan bermain mobile game seperti PUBG, Temple run, etc. Artinya, jumlah iklan yang ditayangkan akan semakin meningkat. Berdasarkan riset. Mobile game menjadi tempat iklan yang bagus karena para pengguna mobile game yang sangat sering melihat iklan dan tingkat konversinya yang tinggi.

Dengan memanfaatkan ngabuburit lo bisa membuat iklan yang ditargetkan di mobile game. Mungkin lo menjalankan startup e-commerce dengan niche elektronik misalnya. Lo bisa meluncurkan promo diskon di ads network yang terhubung pada mobile game. Tentunya lo perlu melakukan A/B testing terlebih dahulu untuk mencari tahu iklan apa yang berhasil.

Manfaatkan Keluarga

Memanfaatkan keluarga di sini bukan berarti memanfaatkan keluarga orang. Tapi dengan menggunakan tema “keluarga” di iklan atau promosi bulan Ramadan.

Berdasarkan data internal Google, 8 dari 10 iklan yang sukses pada bulan Ramadan 2017 mempunyai tema keluarga. Oleh karena itu, startup bisa membuat iklan yang bertemakan Kekeluargaan untuk menarik pasar. Promo yang mempunyai paket untuk keluarga juga bisa bekerja dengan baik.

Zakat

Sekarang, ada metode baru yang cocok digunakan untuk promosi yaitu metode zakat. Pada saat Ramadan ada tiga kata kunci yang populer. Contohnya adalah organisasi zakat (85.000 pencarian), arti zakat, infaq, sedekah (40.000 pencarian), dan bagaimana membayar zakat online (20.000 pencarian). lo bisa memanfaatkan momentum ini untuk mempromosikan startupmu.

Misalnya lo mempunyai startup yang mengelola travel muslim, lo bisa membuat zakat sebagai bagian dari promosi lo (dengan membeli paket travel A lo akan langsung memberikan zakat kepada institusi A). Dengan ini, pembeli bisa merasakan sudah menyumbang zakat sekaligus membeli jasa dari lo.

Sebenernya masih banyak lagi cara manfaatin lagi momentum di bulan Ramadan ini, lo bisa cari  informasinya di mana aja. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan dan semoga kebaikan dateng buat kita semua!