Insight

Memahami Kembali Makna Passion

Selama ini kita udah sering denger sama yang namanya passion, tapi mungkin banyak juga yang masih belum “ngulik” apa itu passion. Padahal penting banget untuk tahu akan hal satu ini, karena akan berkaitan banget dengan aktivitas kita sekarang dan di masa depan.

Minat ≠ passion

Banyak yang memahami passion sebagai sesuatu yang menyenangkan dan sesuai minat. Tapi kenyataannya, passion dapat juga dipahami sebagai hal yang harus dikorbankan untuk memenuhi sesuatu.

Misalkan, ketika kita bekerja di bidang yang bukan kita banget, tapi mau gak mau kita harus bergelut di sana. Nah, ini yang dimaksud dengan berkorban, untuk menemukan passion di bidang kita harus melakukan sesuatu yang ekstra dalam proses tersebut.

Baca juga: Goals Sering Tidak Tercapai? Ubah Cara Kamu Bikin Goals!

Tanyakan lagi sebenarnya apakah passion itu sebatas menyenangkan secara mental saja, atau juga bisa memberikan benefit secara materiil? Tentunya semakin dewasa, ada lebih banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, termasuk tentang materiil.

Prioritas dan Passion

Pertanyaan penting tentang ini adalah, apakah menjalankan pekerjaan sesuai passion sudah memenuhi prioritas dalam hidupmu? Apabila passion justru menghambat prioritas, ada baiknya kita menata kembali fokus, apakah ke passion atau prioritas?

Memahami passion juga berarti memahami hal-hal yang tidak disukai. Ketika kita sudah mampu mengidentifikasi berbagai hal tersebut, akan lebih mudah untuk kita memetakan mana yang menjadi atau bukan menjadi bidang kita.

Semoga ulasan tentang passion ini membantu kamu untuk memiliki pandangan yang lebih luas tentang makna dari passion itu sendiri, ya! Namun, pastinya kamu sendiri yang paling tahu tentang bagaimana “passion” itu bekerja di dalam aktivitas kamu sehari-hari.

Tulisan diambil dari rangkuman SENYAWA+ Talks Live dengan Dwina M Putri (Co-Founder & CCO, MauBelajarApa)

Ditulis oleh: Ade Irma Sakina