Story

Long Distance Collaboration Demi Website Greeneration

Kolaborasi developer dan social movement dalam Project Katalis sudah membuahkan hasil! Setelah bertemu di Networking Day Project Katalis, mereka bekerjasama membangun website/aplikasi sampai jadi. Ini kisah mereka, dan hasilnya!

Proses kolaborasi tim developer dengan social movement dalam Project Katalis, ada juga yang dihadapkan pada hambatan jarak. Contohnya, Greeneration yang berbasis di Bandung dengan tim MayDay Developer di Depok.

Tapi hal itu nggak membuat surut semangat mereka. Untuk kepentingan koordinasi pengerjaan website, tim MayDay Developer melintas menuju Bandung dan bertemu dengan Christian Natalie, Chief Environmental Officer, Greeneration. They’re going the extra miles!

Baca juga: Greeneration Indonesia: Gaya Hidup Hijau untuk Semua

Greeneration.org

Media online dalam bentuk website Greeneration ini bertujuan untuk mendorong khalayak untuk mempraktikkan perilaku ramah lingkungan secara konsisten, serta mengkampanyekan perilaku hijau tersebut ke lebih banyak orang.

Project Manager dari tim MayDay Developer, Fernando, mencatat apa saja yang dibutuhkan Greeneration untuk memperbaiki websitenya. Website Greeneration yang selama ini ada hanya digunakan sebagai wadah informasi mengenai pergerakan lingkungan yang dilakukan oleh Greeneration Foundation. Selebihnya, Greeneration ingin memasukkan tools tertentu yang belum ada saat itu, yakni peta proyek dan kalender kegiatan yang interaktif.

Event calendar

Banyak sekali tantangan yang dihadapi baik dari Greeneration maupun MayDay Developer. Selain waktu yang cukup singkat, jarak antara Depok-Bandung, dan juga disibukkannya MayDay Developer dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sempat menjadi penghambat dalam menyelesaikan website ini.

Baca juga: Bahkan Penggiat Gerakan Sosial juga Butuh Uluran Tangan

Setiap akhir pekan, Fernando bersama dua rekan timnya yaitu Yusuf dan Bima yang masing-masing punya peran sebagai back-end developer dan designer web meluangkan waktu untuk berdiskusi menggarap project ini. Bahkan mereka nggak sempat untuk ikutan kegiatan yang digelar oleh Greeneration saking sibuknya.

“Dari proses ini, kami belajar kerjasama dengan mitra baru, manajemen waktu, sampai manajemen jarak,” ungkap Christian Natalie, soal Long Distance Collaboration mereka dengan tim MayDay Developer. “Syukurnya tim MayDay kreatif dan kooperatif,” sambungnya.

Baca juga: Kreativitas Bukan Barang Eksklusif

Pengorbanan itu akhirnya berbuah manis. Tim MayDay Developer berhasil menambahkan beberapa fitur untuk website Greeneration, salah satunya fitur kalender yang digunakan sebagai petunjuk waktu dari setiap kegiatan yang akan diadakan. Jelas dengan fitur ini para penggerak social movement bisa dengan mudah melihat update kegiatan yang akan dilakukan oleh Greeneration.

Map activity

Takut ketinggalan event karena nyasar nggak jelas nyari lokasi acara Greeneration? Sekarang nggak perlu lagi sih! MayDay Developer juga menambahkan fitur Maps yang dapat memberikan informasi tentang setiap aktivitas kegiatan yang sedang berlangsung. Semuanya bisa diakses melalui Maps, bahkan sampai maps kegiatan yang sudah dilangsungkan pun ada! Ditambahkan pula sistem admin yang bisa digunakan untuk mengatur plotting artikel yang akan di-publish ke website.

“Sesuai brief dengan tim developer, syukurnya sekarang kami telah mempunyai tools peta proyek dan kalender kegiatan dalam website baru ini,” kata Christian.

Baca juga: 5 Things I Wished I Knew When I Was 20

Ke depannya, Greeneration akan membentuk tim khusus untuk mengelola website ini. Tentunya supaya konten website terus berkembang sesuai pencapaian visi dan misi Greeneration dan tetap up to date. Hal itu pula yang menjadi harapan dari MayDay developer. “Greeneration nggak perlu sungkan untuk minta bantuan kami terkait pengelolaan website ke depannya,” ungkap Fernando mewakili suara hati MayDay Developer.

Diskusi pertama MayDay Developer dengan Greeneration pada Networking Day Project Katalis

“Kami nggak ingin kerjasama dengan Greeneration berakhir ketika Project Katalis dan website ini selesai. Hubungan baik dan kerjasama harus dijaga,” sambung Fernando.

Greeneration juga mengungkapkan rencana mereka soal launching website baru ke publik yang lebih luas. “Tunggu saja di kuartal pertama tahun 2015 ini,” begitu katanya. Yuk, kita tunggu!

Header image credit: pichost.me