Insight

Apa Benar Tidak Semua Manager adalah Leader yang Baik?

Pernah dengar istilah “All leaders are good managers, but all managers are not good leaders”? Kalimat ini ingin menekankan beberapa kualitas yang dimiliki oleh seorang leader namun tidak dimiliki oleh seorang manager. Namun jangan salah, sebenarnya baik leader maupun manager memiliki peran yang berbeda di dalam sebuah tim, karena keahlian yang mereka butuhkan untuk perannya pun berbeda. Sehingga mungkin saja, all leaders are not good managers.

Apakah hal ini benar? Untuk menjawabnya, mari melihat perbedaan peran seorang leader dan juga manager dalam suatu organisasi berikut ini.

Bagaimana Leader dan Manager Menetapkan Tujuan

Leader dan manager sama sama memiliki tujuan. Namun, tujuan yang dimiliki oleh manager bersifat jangka pendek, dan biasanya seorang manager akan fokus agar ia bisa menyelesaikan tujuan yang ia miliki dengan tepat waktu. Sedangkan seorang leader berfokus kepada tujuan yang sifatnya jangka panjang dan beberapa tahun kedepan.

Leader Membawa Perubahan, Manager Membantu Menjalankan Perubahan

Karena perbedaan tujuan yang dimiliki, banyak yang mengatakan kalau seorang manager hanya menjalankan ide yang dimiliki oleh seorang leader. Namun karena ide yang dimiliki oleh seorang leader, sistem yang sudah berjalan terkadang harus berubah. Di sinilah seorang manager berperan penting untuk menjaga, agar perubahan yang ada tidak mengganggu keseluruhan proses dan sistem yang sudah berjalan serta membantu timnya untuk beradaptasi.  

Leader Mengambil Peluang, Manager Mengevaluasi Peluang

Memang, seorang leader bertugas melihat peluang yang ada dan berani untuk mengambil resiko untuk mencoba hal baru dan memanfaatkan peluang tersebut. Namun, peluang yang diambil terkadang tidak dapat berjalan dengan baik. Sebagai eksekutor, manager dapat membantu untuk memberikan evaluasi dan masukan dari peluang yang ada. Karena kemampuan manager untuk menganalisa peluang yang ada, maka ia dapat dengan segera melihat tantangan dan masalah yang akan dihadapi. Dengan demikian, tantangan tersebut dapat diupayakan untuk ditangani sebelum menjadi semakin besar.

Leader Berani Bertanggung Jawab, Manager Mencari Titik Permasalahan

Seorang manager memang membantu menjalankan visi dari seorang leader, dan membantu mendelegasikannya kepada orang lain. Namun, jika sesuatu tidak berjalan semestinya, seorang manager biasanya hanya mencari letak kesalahan yang ada, atau bahkan menyalahkan orang lain akan hal ini. Berbeda dengan leader, ia akan menjadi orang pertama dan memasang badannya untuk menghadapi para stakeholders. Seorang leader akan bertanggung jawab atas kegagalan tim.

Nah, melihat peran dan fungsi dari manager dan leader dalam berbagai hal, kesimpulannya adalah keduanya memiliki peranan dan fungsi yang saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan. Seorang leader tidak luput dari kesalahan, dan seorang manager juga harus belajar banyak agar ke depannya dapat menjadi leader yang baik. Setuju?