Insight

Kembangkan Kreativitas dalam Komunitas

Kembangkan Kreativitas dalam Komunitas

Kreativitas itu bukan talenta yang ada sejak kamu lahir, tapi sebuah keterampilan yang bisa kamu asah. Cukup melegakan ya, mendengarnya? Itu artinya, siapapun bisa jadi kreatif kalau mau berusaha. Nah, bagaimana caranya agar kita bisa mengembangkan kreativitas?

Menurut Charles Leadbeater, penulis buku dan makalah seputar kreativitas dan inovasi dalam kolomnya di British Council, salah satu pelajaran paling berharga dalam dunia kreatif adalah keberagaman dalam sudut pandang dan pikiran merupakan cara terbaik untuk menemukan berbagai ide yang inovatif. Itu artinya, inovasi tercipta bukan dari seseorang yang kreatif, melainkan komunitas yang kreatif.

Menurut Charles, inovasi yang tercipta dari kombinasi berbagai gagasan kreatif biasanya berasal dari orang-orang dengan ide, pengetahuan, dan wawasan berbeda yang saling bertemu, berkumpul, serta berkolaborasi. Hal ini terjadi karena cara baru memadukan ide-ide serta sumber daya baik yang lama dan baru dalam menciptakan teknologi, solusi, produk, dan layanan yang baru.

Sejak dulu, manusia memang doyan berkomunitas, nggak terkecuali orang Indonesia. Nggak heran di Indonesia banyak banget komunitas, dari yang rutin ‘kopdar’ (kopi darat alias bertemu) tiap minggunya sampai yang hanya beraktivitas di dunia maya. Hal ini wajar karena menurut Finn Kelly, serial entrepreneur, manusia selalu ingin menjadi bagian dari sesuatu.

Itu sebabnya, kita perlu bergabung dalam komunitas dan mengelilingi diri dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat. Jonathan Chan, Content Crafter, Marketer dan Entrepreneur di Foundr Magazine berpendapat nggak peduli seberapa besarnya talenta yang kita miliki, namun kalau nggak berkomunitas dan mempelajari bagaimana memanfaatkan kekuatan komunitas, kita nggak akan bisa bikin hal-hal yang besar.

Ini dia tiga alasan kenapa kamu bisa mengembangkan kreativitas kamu dalam komunitas, sekaligus menunjukkan kekuatan dari berkomunitas!

Di komunitas kamu bisa belajar dari ahlinya

Gabung dengan komunitas yang punya minat yang sama artinya kamu mendapatkan kesempatan berharga untuk bertemu dengan orang-orang yang kaya akan pengetahuan serta bisa jadi mentor kamu dalam memberikan sudut pandang dan wawasan yang lebih luas.

Komunitas akan menginspirasi kamu terhadap pemikiran-pemikiran besar

Komunitas, berdasarkan sifatnya, mengandung keragaman pendapat, ide, dan pengetahuan yang tidak pernah kamu temui sendiri. Berada di dekat berbagai ide dan semangat untuk mewujudkan sesuatu akan membantu kamu terus-menerus menantang diri sendiri untuk berpikir kreatif dan memikirkan kembali apa yang kamu ketahui. Mungkin saja kamu akan menemukan solusi untuk masalah yang selama ini nggak pernah terpikirkan.

Komunitas membantu kita untuk mengenali diri sendiri dan apa yang kita cari

Komunitas yang tepat dapat memberikan lebih dari sekadar kontak bisnis baru buat kamu. Hal terbaik dari menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan hobi dan kemiripan dalam berperilaku terutama yang berkaitan dengan hobi, adalah hal ini memungkinkan kamu untuk menjadi diri sendiri dan mengenal diri sendiri lebih baik lagi. Mengenali diri sendiri dan apa yang kita cari, menurut Christina DesMarais, Kontributor Inc.com merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kreativitas kita.