Featured

KORIDOR: Pusatnya Acara Kreatif di Surabaya

Dengan adanya KORIDOR di Surabaya, para anak muda kreatif Surabaya dapat memanfaatkannya untuk  berkarya, berkreasi, dan berkolaborasi. Selain menyediakan tempat, KORIDOR juga mendukung dan memfasilitasi berbagai workshop dan juga diskusi yang terkait dengan industri kreatif sehingga para insan ini dapat menambah ilmu dan juga berbagi ide kreatifnya dengan pihak lain. Tak heran jika KORIDOR menjadi pusatnya acara kreatif di Surabaya.

ah, apa kamu tertarik untuk bertemu dengan para pelaku kreatif lainnya dari Surabaya (atau bahkan dari kota lainnya di Indonesia)? Simak dulu beberapa program dan kegiatan yang pernah difasilitasi oleh KORIDOR berikut ini.

TATARUPA

Pernah melihat suatu produk yang sebenarnya berkualitas oke, tapi sayangnya kemasannya nggak banget? Pastinya penampilan tersebut membuat kamu berpikir dua kali untuk membelinya. Masalah ini umum dihadapi oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Banyak UMKM yang belum sadar pentingnya branding dan kemasan suatu produk. Hal inilah yang diangkat oleh Kreavi dan juga Pahlawan Ekonomi dalam inisiatif mereka yang dinamakan TATARUPA.

TATARUPA bertujuan menata ulang rupa produk atau kemasan dari UMKM, dengan cara mempertemukan para desainer dengan pelaku UMKM untuk membantu meningkatkan nilai jual produk UMKM tersebut melalui branding, packaging dan logo. Inisiatif ini juga melibatkan mahasiswa desain grafis di Surabaya untuk ikut berkontribusi memberikan ide mereka bagi para UMKM tersebut.

Kalau kamu seorang desainer grafis dan peduli akan permasalahan ini, kamu dapat ikut membantu dalam workshop yang diadakan oleh TATARUPA. Workshop terpadu yang berlangsung selama tiga hari ini mempertemukan kalangan desainer dengan para pelaku UMKM  Kamu bisa bertemu para pelaku UMKM yang bergerak di berbagai industri seperti: kerajinan tangan, pakaian, makanan, minuman, perhiasan, dan cinderamata. Dengan demikian, kamu dapat membantu mereka dengan saling brainstorming dan mengatasi tantangan yang dihadapi UMKM. Sampai saat ini tercatat telah ada 235 pelaku UMKM yang brand-nya mengalami peningkatan dalam segi branding, desain, packaging produk, nilai produk, dan daya saing brand dengan peningkatan margin sebesar 45% sejak tahun 2015, lho! Penasaran apa saja hasil dari inisiatif tersebut? Yuk, cek di sini.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sendiri merupakan program pembinaan bagi startup digital yang dimulai oleh KIBAR dan berlangsung selama enam bulan. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Kegiatan pembinaan bagi startup digital ini dilaksanakan di sepuluh kota berbeda di Indonesia yang dirasa sudah siap untuk menunjang perkembangan startup digital, dan salah satunya adalah Surabaya.

Inisiatif ini terdiri dari beberapa tahapan yang berkesinambungan dari awal hingga akhir. Setiap peserta nantinya wajib mengikuti rangkaian kegiatan secara berurutan mulai dari Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, sampai Incubation. Melalui berbagai rangkaian kegiatan tersebut kamu akan mendapatkan berbagai pengetahuan tentang bagaimana membangun pola pikir, tim, produk, business model, memetakan target pasar, hingga strategi untuk meluncurkan produk. Program pembinaan ini bersifat gratis, jadi bagi kamu yang kreatif dan penuh ide, dan ingin memulai startup digital mu sendiri, program ini akan sangat bermanfaat. Kalau kamu ingin cari tahu lebih lanjut, tentang program 1000 Startup Digital, kunjungi website mereka di sini.

Kumpul Kreavi

Helatan Kegiatan Kumpul Kreavi “Jump Start Your Character Design” di KORIDOR Coworking Space | Dok: Kreavi

Kreavi sendiri merupakan inisiatif yang bertujuan untuk mewadahi para desainer dan kreator Tanah Air untuk berkumpul, saling menginspirasi, berbagi, dan berkolaborasi. Salah satunya adalah dengan melalui acara Kumpul Kreavi. Mengangkat tema yang berbeda setiap kalinya, acara ini digelar di beberapa kota di Indonesia, termasuk Surabaya. Acara Kumpul Kreavi yang pernah difasilitasi oleh KORIDOR mengambil tema “Jump Start Your Character Design” yang membahas tentang dunia animasi tanah air. Tentunya bermanfaat bagi anak muda kreatif yang ingin menjadi Intellectual Property Creator (IP Creator) maupun yang belajar mengenai animasi.

Nah, kalau kamu memiliki ide menarik dan ingin mengajak anak muda kreatif untuk berkumpul dan membahas berbagai ide bersama, kamu juga bisa nih menyampaikan ide menarik tersebut melalui email ke halo@kreavi.com.

Itu baru beberapa contoh kegiatan kreatif yang pernah difasilitasi oleh KORIDOR, masih ada beberapa acara kreatif lainnya yang pernah bertempat di KORIDOR seperti Google Gapura Digital, Youtube Creator Day, serta Animation Workshop oleh Kratoon. Bagi kamu para kreator dan ingin bertemu dengan anak-anak muda kreatif lainnya, nggak ada salahnya untuk rajin-rajin nongkrong di KORIDOR dan ikut serta dalam berbagai kegiatan yang ada.