Featured

Yuk Kumpul, Bertukar Pikiran, dan Berkolaborasi di KORIDOR

“Komitmen kami sebagai Pemkot adalah memberikan fasilitas dan sarana bagi anak muda Surabaya yang mau berkarya, berkreasi, dan berkolaborasi. Ruang kerja bersama ini (KORIDOR) adalah upaya kami dalam memberdayakan para kreator, inovator, dan entrepreneur lokal yang mau menciptakan inovasi dan mampu bersaing di tingkat global,” – Ibu Tri Rismaharini, Walikota Surabaya

Pemerintah kota Surabaya memang berkomitmen untuk mewadahi berbagai industri kreatif yang lahir di Surabaya. Sebagai wujud nyata dari komitmen tersebut, bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2017, tahun lalu walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini (atau yang lebih akrab disebut Ibu Risma), meresmikan KORIDOR. Mungkin arek Suroboyo tidak asing lagi dengan tempat ini, KORIDOR merupakan ruang kerja sama yang dimiliki oleh Pemerintah Surabaya yang bertujuan mewadahi anak muda kreatif Surabaya untuk Berkumpul, Bertukar pikiran, dan Berkolaborasi.

Ide untuk mendirikan ruang kerja bersama yang terletak di Gedung Siola, Jalan Tunjungan, Surabaya ini awalnya didapatkan ketika Pemkot Surabaya ingin memanfaatkan Gedung Siola yang awalnya kosong. Lalu diputuskan tempat tersebut dimanfaatkan untuk menjadi mall perizinan, dan di lantai 3 dibuat ruang kerja bersama ditangani anak-anak muda.

Yang lebih seru lagi, anak muda yang ada di Surabaya dapat menggunakan fasilitas ruang kerja bersama ini secara gratis! Beneran nih? Iya, untuk dapat menggunakan ruang kerja bersama ini kamu hanya perlu menunjukkan tanda pengenal berupa KTP, kartu mahasiswa, atau kartu pelajar, dan mengisi formulir. Dan lebih asiknya lagi, KORIDOR buka 24 jam! Jadi bagi kamu yang “night owl” maupun “early bird” dapat menggunakan fasilitas ini sesuai jam produktif kamu.

Lalu, apa aja sih fasilitas yang ditawarkan oleh KORIDOR selain akses 24 jam? Selain menyediakan ruang kerja bersama seluas 177m2 yang dapat menampung 70 orang, KORIDOR juga memiliki dua ruangan lainnya untuk kebutuhan event kamu. Theater room yang dapat menampung 100 orang, serta ruang classroom yang dapat diisi oleh 60 orang. Kedua ruangan tersebut juga sudah dilengkapi backdrop, sound system, screen, dan projector. Jadi, bagi kamu yang ingin menyelenggarakan event kumpul-kumpul kreatif, KORIDOR dapat menjadi solusi yang tepat nih!

Karena bertujuan sebagai wadah bagi arek Surabaya untuk berkumpul, bertukar pikiran, dan berkolaborasi, KORIDOR juga sering mengadakan berbagai kegiatan seru lainnya untuk para pelaku industri kreatif dan anak muda di Kota Pahlawan. Beberapa kegiatan atau program yang pernah diadakan di KORIDOR antara lain: Tata Rupa Prime, Inkubasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Kumpul Kreavi, Google Gapura Digital, Youtube Creator Day, serta Animation Workshop by Kratoon.

Seperti yang dikatakan oleh Dennis Adishwara, Founder Layaria, dalam wawancaranya, dengan adanya KORIDOR di Surabaya ia berharap akan semakin banyak pelaku dari industri kreatif serta para pahlawan-pahlawan ekonomi dari Surabaya yang menjadikan tempat tersebut sebagai industri kreatif yang mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat, bukan hanya sekadar untuk tempat diskusi. Nah, apa kamu ingin jadi salah satu pahlawan ekonomi berikutnya dari Surabaya? Jangan ragu memanfaatkan fasilitas dari Pemkot Surabaya ini , dan jangan ragu untuk ikut berbagai kegiatan seru yang diadakan KORIDOR untuk menambah wawasanmu!